Header Ads

Tips Mendidik Anak Mengelola Uang Angpao


JAKARTA, KalderaNews.com
- Amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang itu menjadi hadiah yang ditunggu mereka yang belum menikah, khususnya anak-anak. Biasanya angpao diberikan oleh pasangan yang sudah menikah pada mereka yang belum menikah atau anak kecil. Angpao diberikan pada saat ada pertemuan keluarga untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Angpao melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik. Tak mengherankan, anak-anak pun girang begitu mendapatkan angpao.

Nah, di Tahun Anjing Tanah ini, pastikan siapa pun yang menerima angpao kudu bisa mengelolanya dengan bijak dan cerdas. Karena Imlek itu hanya datang setahun sekali, Imlek 2018 ini adalah saat yang tepat untuk mengajarkan pada anak-anak untuk mengelola uang angpaonya dengan benar. Berikut ini tips yang bisa dilakukan:

1. Biarkan anak menyimpannya sendiri

Membiarkan anak-anak kita menyimpan uangnya sendiri untuk sementara waktu akan memberi kepercayaan pada mereka akan rasa tanggungjawab. Dengan langkah ini sama saja kita mengajarkan pada mereka pentingnya mengendalikan diri sendiri dalam pengelolaannya. Dalam konteks ini, semua ini tentu dilakukan dalam koridor bimbingan.

2. Bantu anak untuk membelanjakan uang

Ingat bahwa uang yang diterima anak-anak kita itu adalah uang mereka. Mereka berhak penuh atas uang yang didapatkan. Posisi orang tua adalah mengarahkan dalam pemakaiannya. Jika anak ingin membelanjakan uang yang didapatkannya, posisi orang tua yaitu membantu anak untuk membeli barang-barang yang bermanfaat dan tidak mubadhir.

3. Sisihkan untuk tabungan


Penting mengajarkan pada anak budaya menabung sejak dini. Menabung itu penting untuk masa depan. Jelaskan pada anak-anak pentingnya menabung agar anak tidak boros. Sembari mengenalkan pentingnya menabung, pelan-pelan anak juga belajar menentukan prioritas dalam hidupnya.

4. Ajarkan untuk beramal

Mengarahkan anak untuk menyumbangkan sebagian dari uang angpao kepada orang-orang yang kurang mampu atau membutuhkan akan membuat anak kita menjadi lebih peka, peduli dan menghargai sesamanya. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.



Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini