Header Ads

Tuh Kan, Gong Xi Fa Cai Itu Artinya Bukan Selamat Tahun Baru Imlek


JAKARTA, KalderaNews.com - Ucapan Gong Xi Fa Cai kerap diucapkan saat Tahun Baru China atau Imlek. Banyak dari kita percaya begitu saja kalau itu artinya Selamat Tahun Baru Imlek. Padahal, arti yang sesungguhnya bukan itu.

Situs GongXiFatChoi mencoba meluruskan pemahaman dengan menjelaskan bahwa makna kalimat Gong Xi Fa Cai bukan berarti Selamat Tahun Baru Imlek. Kalimat tersebut sejatinya memiliki arti "Selamat Sejahtera". Ternyata, ucapan "Tahun Baru Imlek" yang sesungguhnya "Xin Nian Kuai Le".

Sejarah singkat pemberian nama "Gong Xi Fa Cai" berawal dari kata "Gong Xi" yang memiliki arti selamat karena penduduk Tiongkok pada zaman dulu selamat dari binatang buas Nian yang kerap memangsa mereka. Lalu, kata "Fa Chai" memiliki sejarah dari sebuah kesejahteraan yang seiring perkembangan zaman semakin baik di tengah masyarakat Tionghoa.

"Gong Xi Fa Cai" biasanya diucapkan anak-anak dengan tambahan ucapan "Hong Bao Na Lai" yang memiliki arti "Ang Pao ke Sini Dong!" saat berkunjung terutama kepada para kerabat dekat yang lebih dituakan. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini