Header Ads

Bermacam-macam Beasiswa ke Jepang yang Perlu Kamu Tahu


JAKARTA, KalderaNews.com - Kuliah di Jepang memang menjadi impian sebagaian pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Jepang adalah negara di Asia dengan kualitas pendidikan tinggi yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Hal ini bisa dilihat pada prestasi yang konsisten di peringkat universitas dunia. Universitas-universitas di Jepang memiliki tradisi bertahun-tahun dan banyak sekali penemuan terkenal, robot dan merek-merek yang memiliki akar di universitas-univeristas di Jepang.

Pemerintah Jepang sangat bersemangat menyambut mahasiswa internasional dan telah menetapkan target yang ambisius untuk merekrut 300,000 mahasiswa asing untuk kuliah di negara tersebut pada 2020. Tak mengherankan, hingga kini ada beragam beasiswa yang ditawarkan. Penasaran? Simak yuk:

1. Beasiswa Pemerintah Jepang atau Monbukagakusho atau MEXT

Beasiswa ini termasuk salah satu beasiswa favorit untuk ke Jepang karena cakupan pembiayaannya yang menyeluruh. Beasiswa MEXT ini dibuka setiap tahunnya melalui Kedutaan Besar Pemerintah Jepang di masing-masing negara. Beasiswa MEXT ini terbuka untuk umum dan tidak ada ikatan dinas setelah selesai. Ada pilihan beasiswa untuk D2, D3, S1, dan Research Student (S2 atau S3). Pembukaan beasiswa ini sekitar Maret-April untuk masuk ke tahun ajaran berikutnya. Selain itu ada juga program Teacher Training yang ditujukan untuk guru-guru di Indonesia selama 1,5 tahun dan Japanese Studies khusus untuk mahasiswa jurusan Jepang selama 1 tahun. Klik: Beasiswa Monbukagakusho.

2. Beasiswa G to G atau Beasiswa Dikti
Fasilitasnya beasiswa S2 dan S3 ini serupa dengan beasiswa pemerintah Jepang. Beasiswa yang dikenal sebagai beasiswa untuk pendidik atau dosen sebenarnya bisa dilamar pelamar biasa (bukan dosen/pendidik).  Hanya saja, setelah pulang dari menuntut ilmu di luar negeri, ada kewajiban untuk mengajar di universitas dalam jangka waktu tertentu. Klik: Beasiswa Dikti

3. Beasiswa dari Yayasan dan Perusahaan Jepang

a. Beasiswa Mitsui-Bussan                                               
Beasiswa untuk pelajar SMU ini mirip dengan beasiswa MEXT. Ada biaya transportasi PP ke Jepang, uang saku bulanan hingga sekolah bahasa. Total jangka waktu beasiswa 5,5 tahun (1,5 tahun sekolah bahasa + 4 tahun S1). Biasanya penerima beasiswa Mitsui-Bussan akan mendapatkan program pengenalan bahasa Jepang selama 2 bulan di Indonesia sebelum berangkat. Dibuka pada Maret untuk keberangkatan April tahun berikutnya, jumlah posisi yang ditawarkan sangat terbatas sekali. Klik: Beasiswa Mitsui-Bussan

b. Beasiswa Panasonic
Beasiswa ini khusus untuk mereka yang ingin ambil S2 di Jepang. Prioritas jurusannya yaitu  Matematika, Natural Science, Engineering, Biotechnology, Agricultural, dan Teknologi Informasi. Uang saku yang ditawarkan per bulan cukup besar dan maksimal diberikan selama 3 tahun. 1 tahun sebagai Research Student dan 2 tahun sebagai Master Student. Klik: Beasiswa Panasonic.

c. Beasiswa Ajinomoto
Beasisiwa S2 di Universitas Tokyo ini tak jauh beda dengan Beasiswa Panasonic. Bedanya di prioritas jurusan yaitu Teknik, Farmasi, Matematika, Pertanian, dan Teknologi Informasi. Persyaratan khusus lainnya, kandidat harus berasal UI, ITB, UGM, UNAIR, IPB, UNPAD, UNDIP atau UNIBRAW. Klik: Beasiswa Ajinomoto.

d. Beasiswa ADB-JSP (Asian Development Bank-Japan Scholarship Program)

Beasiswa S2 dan S3 ini berasal dari pemerintah Jepang. Biasiswa ini mensyaratkan 2 tahun pengalaman bekerja secara profesional. Dengan kata lain, beasiswa ini tidak untuk fresh graduate. Adapun prioritas jurusannya yaitu ekonomi, teknologi, pendidikan dan lainnya. Pembukaan beasiswa ini biasanya dimulai tiap Februari untuk masuk ke tahun berikutnya. Klik: Beasiswa ADB-JSP.

e. Beasiswa Hitachi
Beasiswa Hitachi dari Hitachi Scholarship Foundation ini hanya diperuntukkan bagi dosen dan peneliti UI, UGM, ITB dan ITS. Beasiswa ini menawarkan program S2 dan S3 untuk jurusan sains dan teknologi (kecuali veterinary atau ilmu hewan). Pembukaan beasiswa ini biasanya pada Oktober setiap tahun. Klik:
Beasiswa Hitachi. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini