Cara, Syarat dan Biaya Tambah Daya Listrik PLN

Token PLN, Listrik Gratis
Token PLN (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kapasitas daya listrik yang kurang seiring dengan penambahan alat-lamt elektronik di rumah mulai dari AC, Kulkas, televisi dan peralatan elektronik lainnya membuat kita memutuskan menambah daya listrik.

I. Pertanyaannya sekarang bagaiamana cara menambah daya listrik di rumah kita?

Jawaban untuk pertanyaan ini mudah saja yaitu mengajukan permohonan naik daya ke PLN terdekat, kantor PLN setempat, call center PLN 123, atau form permohonan perubahan daya PLN online di situs resmi PLN di pln.co.id. Informasi lengkap tentang penambahan daya listrik ini bisa dicek di telepon 123, email pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123 dan website www.pln.co.id.‎

BACA JUGA:

II. Syarat apa saja yang butuhkan?

A. Penambahan daya di Kantor PLN
1. Fotocopy rekening listrik terakhir (yang bukan pra bayar)
2. Fotocopy KTP pemohon (jika pemohon tidak sama dengan nama pelanggan maka untuk menghindari adanya konflik di kemudian hari sebaiknya ada surat kuasa atau surat perjanjian sewa atau surat keterangan lainnya).
3. Denah lokasi bangunan atau rumah.
Siapkan biaya yang dibutuhkan Biaya Penyambungan (BP) sebesar selisih kenaikan daya kali tarip yang berlaku dan Uang Jaminan Pelanggan (UJL) dikompensasikan dengan UJL yang telah dibayar (sesuai standar PLN).
4. Materai.

B. Penambahan Daya Secara Online

1. Buka situs PLN pln.co.id dan klik pada bagian penambahan daya.
2.  Isi ID Pelanggan atau ID Meter, klik cari dan tunggu sampai data pelanggan atau data kita terpampang.
3. Klik pada tab penambahan daya, dan isi identitas anda sesuai kolom yang ada. Jika identitas Anda sama dengan data pelanggan yang terpampang pada database PLN, Anda tinggal centang pada pilihan copy data pelanggan.
4. Isi perubahan daya yang Anda inginkan. Bisa menambah ataupun mengurangi daya.
5.  Setelah itu akan muncul nominal biaya yang harus Anda bayar untuk penambahan daya. Kalau yang Anda lakukan pengurangan daya maka tidak akan dipungut biaya.
6. Kalau sebelumnya Anda masih memakai meteran listrik lama dan sistem pembayaran pasca bayar maka atas kebijakan PLN meteran akan diganti dengan meteran baru dan sistem pembayaran menjadi pra bayar. Untuk hal ini kadang terjadi penolakan para pelanggan PLN karena mereka menganggap sistem pra bayar membuat biaya listrik lebih mahal.
7. Setelah proses ini selesai, Anda akan memperoleh email dari PLN berisi permohonan perubahan daya yang sudah lakukan. Dalam email, Anda akan diminta melakukan konfirmasi dengan mengklik link yang ada.
8. Dari link tersebut anda akan dibawa kembali ke situs PLN dan diberikan kode bayar beserta jumlah uang yang harus Anda bayar. Kode bayar tersebut juga akan diemailkan ke email kita.
9. Bayar di tempat-tempat yang ditunjuk oleh PLN seperti Bank tertentu, Kios PPOB, atau Kantor Pos Indonesia. Tergantung mana yang lebih dekat dari rumah Anda.
10.  Bila melakukan pembayaran di kantor pos, Anda bilang ke pegawai pos ingin membayar tambah daya PLN, kemudian pegawai pos akan meminta Anda menyebutkan kode bayar.
11.  Setelah kode bayar diinput pegawai, akan terpampang nama pelanggan, ID pelanggan, dan jumlah yang harus dibayar. Kantor pos akan membebankan biaya administrasi sebesar Rp1.900. Jadi yang harus Anda bayar adalah biaya dari PLN ditambah biaya admin kantor pos. 
12. Setelah membayar nantinya kita harus kembali membuka situs PLN dan mengkonfirmasi pembayaran.
13. Langkah terakhir, Anda tinggal menunggu petugas PLN datang dan mengganti meteran rumah sekaligus menaikkan dayanya. Sebagai ilustrasi lagi, proses dari mulai membayar tagihan sampai petugas PLN datang adalah 10 hari kerja. Dalam situsnya dijanjikan bahwa proses penambahan daya ini akan berlangsung 7 hari kerja, tapi mungkin bisa lebih lama jika letak rumah Anda berada di pelosok atau sulit terjangkau petugas PLN.
 
III. Sebagai gambaran umum, berapa biaya yang harus dibayarkan untuk penambahan daya pada 2018?




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*