Header Ads

Inilah 5 Beasiswa Kementerian di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

JAKARTA, KalderaNews.com - Pemerintah Indonesia memiliki komitmen yang tinggi agar rakyatnya memiliki banyak pilihan untuk menuntut ilmu hingga ke luar negeri. Setidaknya ada 5 kementerian yang menawarkan beasiswa bagi orang-orang terpelajar di Indonesia. Berikut ini 5 beasiswa yang ditangani kementerian di Indonesia tersebut:

1. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah beasiswa yang paling banyak dicari para pemburu beasiswa karena beasiswa ini termasuk beasiswa yang paling lengkap. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan memiliki empat dewan penyantun yaitu Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 5 skema beasiswa yaitu Beasiswa Magister Doktor, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Doktor Spesialis, Beasiswa Lanjutan, dan Beasiswa Tesis Disertasi. Kalau kamu penasaran dengan beasiswa ini, silakan KLIK: Beasiswa LPDP.

2. Beasiswa Unggulan (BU)

Program Beasiswa Unggulan (BU) ini ditangani oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan 3 skema beasiswa yaitu Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T dan Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud. Informasi lengkap tentang tiga skema beasiswa ini, silakan KLIK: Beasiswa Unggulan (BU).

3. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) yang ditangani Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini diperuntukkan bagi para dosen perguruan tinggi di bawah pembinaan Kemenristekdikti Indonesia. Adapun skema beasiswanya yaitu Beasiswa Doktor Dalam Negeri (BUDI DN) dan Doktor Luar Negeri (BUDI LN). Kalau kamu para dosen muda tertarik dengan beasiswa ini, KLIK: Beasiswa BUDI.

4. Beasiswa S2 Luar Negeri Kominfo
Dari namanya sudah jelas pengelola beasiswa ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika. Beasiswa ini terutama diberikan pada Aparatur Sipil Negara, TNI, POLRI, dan karyawan/karyawati swasta yang bekerja di sektor teknologi informasi dan komunikasi dan ingin meningkatkan kapasitasnya di ranah yang sama. Informasi lengkap beasiswa ini KLIK: Beasiswa S2 Kominfo.

 
5. Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)
Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) ini ditangani Kementerian Agama RI. Beasiswa ini khusus disiapkan untuk para santri berprestasi. Dengan beasiswa ini para santri bisa kuliah dengan gratis di 14 perguruan tinggi di dalam negeri yaitu 7 perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN): UIN Jakarta, UIN Surabya, UIN Yogyakarta, UIN Semarang, UIN Malang, UIN Bandung dan UIN Makassar dan 7 perguruan tinggi umum: IPB Bogor, ITS Surabaya, UGM Yogyakarta, Unair Surabaya, UPI Bandung, Uncen Jayapura dan UAI Jakarta. Andai ada saudara, teman atau kerabat yang belum tahu dengan lengkap beasiswa ini, silakan kunjungi situs resminya dengan KLIK: Beasiswa PBSB. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.