Header Ads

Inilah Daftar Terlengkap Beasiswa Studi ke Malaysia


JAKARTA, KalderaNews.com - Ada beragam beasiswa bagi kamu yang ingin kuliah di negara tetangga Malaysia. Berikut ini beragam beasiswa yang bisa kamu buru untuk bisa kuliah di Malaysia yang diberikan tidak hanya dari pemerintah Malaysia, tetapi juga pemerintah Indonesia dan lembaga-lembaga lainnya:

1. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa penuh dari Kementerian Keuangan Indonesia ini hanya khusus untuk mahasiswa tingkatan S2 dan S3 saja. Selain itu, beasiswa ini hanya untuk 2 kampus besar di Malaysia yaitu Universiti of Malaya (UM) dan Universiti Sains Malaysia (USM). Persaingan untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini cukup ketat, seperti TOEFL minimal 550 atau IELTS 6.0 dengan pengecualian kategori afirmasi. Informasi lengkap tentang beasiswa ini KLIK: Beasiswa LPDP.

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud
Tak beda jauh dengan LPDP, ini adalah beasiswa penuh. Uniknya mahasiswa on going yang sedang melanjutkan kuliah di Malaysia bisa memanfaatkan beasiswa ini. Selain itu, yang menjadi pembedaan dari LPDP adalah tidak ada batasan kampus yang bisa dipilih seperti halnya di beasiswa LPDP. TOEFL minimal 550 atau IELTS 6.0 dan IPK 3.00. Informasi lengkapnya KLIK:
Beasiswa Unggulan Kemendikbud.

3. Malaysian International Scholarship (MIS)

Malaysian International Scholarship merupakan program beasiswa internasional yang ditawarkan oleh pemerintah Malaysia untuk para pelajar dari luar Malaysia. Jenjang yang ditawarkan sebenarnya cukup beragam, mulai dari beasiswa tingkat S2, S3 hingga tingkat post-doctoral. Universitas pilihan untuk mendapatkan beasiswa ini juga sangat banyak. Full scholarship MIS pada 2018 ini hanya dibuka untuk 20 orang dengan deadline pendaftaran 15 April 2018. Info lengkap dan persyaratan lainnya KLIK: Beasiswa MIS 2018.

4. THE Ancora Khazanah Asia Scholarship Programm


Beasiswa S1 di Malaysia ini diberikan oleh Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah. Persyaratannya cukup mudah. Para calon pelamar arus memiliki nilai UAN minimal 8.5 dari skala 10, dan bersedia mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi yang disyaratkan oleh Ancora Foundation dan Yayasan Khazanah. Untuk mengikuti seleksinya, usia maksimal yang diizinkan ialah 18 tahun. Info lengkap tentang beasiswa ini KLIK: Beasiswa S1 Ancora.
 

5. Beasiswa BII-Maybank

Beasiswa BII-Maybank disediakan bagi para pelamar untuk mendapatkan biaya pendidikan penuh di universitas di Indonesia, Singapura, ataupun Malaysia. Tingkatan dari beasiswa ini ialah untuk tingkat S1 dan memiliki rata-rata nilai SMA minimal 8. Untuk melamar beasiswa ini, pelamar yang akan diutamakan ialah mereka yang berasal dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi tinggi dan aktif dalam berbagai organisasi di sekolah maupun masyarakat. Bidang yang ditawarkan oleh Beasiswa BII – Maybank cukup beragam, mulai dari bidang ekonomi, psikologi, hingga jurusan teknik. Semua tersedia sesuai dengan minat dari pelamar beasiswa tersebut. Tertarik dengan beasiswa ini, silahkan KLIK: Beasiswa BII-Maybank.

6. Beasiswa International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance

Beasiswa International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance merupakan beasiswa bidang ekonomi dan perbankan syariah yang memiliki jenjang tingkat S1. Beasiswa ini akan ditawarkan untuk para pelamar yang memiliki latar belakang syariah dan memiliki minat tinggi pada dunia perbankan syariah. Untuk program pascasarjana maka IPK minimal yang dibutuhkan dalam 3.5 dari skala 4.00. Bagi para pelamar yang berminat untuk mendaftar maka harus dipastikan bahwa pelamar yang bersangkutan tak sedang terikat dengan beasiswa dari instansi lain. Kamu tertarik? KLIK: Beasiswa International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance.

7. Beasiswa Pascasarjana SEARCA


Beasiswa master dan doctoral di Malaysia ini ditawarkan The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA). Caranya mudah, kamu tinggal memasukkan surat lamaran kepada universitas yang dituju lengkap dengan salinan surat permohonan untuk beasiswa SEARCA. Score TOEFL para pelamar minimal 550 atau memiliki score IELTS 6.0. Info lengkap beasiswa ini, KLIK: Beasiswa SEARCA.

8. Beasiswa Parsial Universitas


Khusus pada 2018 ini Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta menawarkan 5.000 beasiswa parsial untuk pelajar dan mahasiswa di Indonesia.
Beasiswa ini disalurkan melalui 29 universitas baik negeri maupun swasta di Malaysia. Universitas tersebut terdiri dari 8 universitas negeri, 20 universitas swasta, dan satu universitas nasional. Informasi lengkap beasiswa ini, silakan kunjungi akun-akun medsos Educationmalaysia.id. Tawaran beasiswa parsial ini tiap universitas berbeda-beda. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.