Header Ads

Keunggulan TKK 3 PENABUR Jakarta

Kepala TKK 3 PENABUR Jakarta, Agustina Soetrisna S.Pd (KalderaNews/JS de Britto)
JAKARTA, KalderaNews.com - TKK 3 PENABUR Jakarta sukses mempertahankan Juara Umum II di ajang Marching in Harmony Championship 2018 di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu, 24 Maret 2018.

Di ajang ini TKK 3 PENABUR Jakarta menyabet Juara I Costume, Juara II Melodies, Juara II Ritmik, Juara II General Effect, Juara III Color Guard, Juara VI Field Commander dann Juara VI Majorette.


BACA JUGA
Di Balik Harmoni TKK 3 PENABUR Jakarta di Marching in Harmony Championship 2018


Kemenangan ini makin mengukuhkan TKK 3 PENABUR Jakarta sebagai TK unggulan yang banyak dilirik orang tua karena drumbandnya. Memang dari 20 Taman Kanak-kanak milik BPK PENABUR Jakarta, hanya TKK 3 PENABUR Jakarta yang memiliki drumband dan terus menorehkan prestasi.

"Ikon TKK 3 PENABUR Jakarta adalah drumband. Banyak orangtua menyekolahkan putra-putri mereka karena ada drumbandnya," aku Kepala TKK 3 PENABUR Jakarta, Agustina Soetrisna S.Pd pada KalderaNews baru-baru ini.

TKK 3 PENABUR Jakarta di ajang Marching in Harmony Championship 2018 di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu, 24 Maret 2018 (KalderaNews/JS de Britto)
Lebih dari itu, drumband bisa menjadi sarana mengembangkan karakter dan potensi anak berdasarkan nilai-nilai Kristiani yang dijunjung tinggi TKK 3 PENABUR Jakarta.

Ia menambahkan drumband memang bukan permainan musik biasa karena di dalamnya ada proses kreatif pembentukan karakter untuk anak-anak usia 5-6 tahun yang memang masih sulit ditebak.

"Mereka bisa tangguh dan disiplin. Ketika memainkan lagu, mereka tidak bisa mau ke sini dulu atau kemana dulu, mau ke toilet dulu atau mau makan dulu," terangnya.


TKK 3 PENABUR Jakarta di ajang Marching in Harmony Championship 2018 di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu, 24 Maret 2018 (KalderaNews/JS de Britto)
Memainkan drumband membutuhkan kedisiplinan dan kekompakkan agar menghasilkan harmoni. Apa jadinya kalau tiap pemain musiknya memainkan irama yang berbeda.

"Mereka harus mendengarkan sebelahnya memainkan alat musiknya, lalu lihat juga bagaimana gerakannya itu seperti apa. Itu semua satu kesatuan. Itulah harmoni. Mereka saling peduli," tandasnya.

Drumband sebagai sarana pembentukan karakter anak memang tak bisa dinafikan. Penelusuran KalderaNews menemukan bahwa berdasarkan penelitian musik berperan dalam perkembangan kecerdasan.

Memainkan musik secara aktif berpengaruh pada perkembangan mental dan fisiologis anak. Kegiatan ini membantu pembentukan jalur-jalur syaraf yang berhubungan dalam otak dengan cara mendorong terbentuknya hubungan antar sel otak.

Dengan stimulasi musik, corpus callosum (saluran informasi utama di antara kedua belahan bagian otak) akan tumbuh lebih besar karena stimulasi musik. Dengan demikian akan terbentuk hubungan yang lebih efisien di antara kedua belahan otak (otak kanan dan kiri) sehingga menimbulkan koordinasi yang lebih baik.


TKK 3 PENABUR Jakarta di ajang Marching in Harmony Championship 2018 di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu, 24 Maret 2018 (KalderaNews/JS de Britto)
Drumband merangsang anak memadukan gerakan dengan suara, musik dengan gerakan serta gerakan fisik dengan rangsangan visual. Musik bagi anak-anak sangat menarik.

Sebagai perbandingan, orang dewasa seringkali tidak bereaksi sama sekali ketika mendengar musik atau mendengar suatu gambar. Kenyataan ini berbeda sama sekali dengan anak-anak, bahkan bayi sekalipun, yang akan mudah menggoyangkan badannya ketika mendengarkan musik yang disenanginya.

Nah, saat anak-anak memainkan drumband, mereka akan melakukan penghayatan nilai-nilai musikal yang membuatnya menjadi lebih berbudaya dan berkecerdasan. Mulai dari kelompok kecil (sectional) seperti kelompok snare, alto, bas maupun colour guard hingga ke kelompok yang lebih besar (corps). Mereka dituntut untuk melakukan praktek team building serta melakukan aktivitas verbal dan non-verbal.

Selama bermain drumband anak akan berlatih komunikasi sosial, bekerja dalam kelompok serta mempunyai harga diri sebagai anggota kelompok. Dalam kegiatan drumband anak akan dikenalkan dengan disiplin, berlatih mengendalikan diri, konsentrasi dan tanggung jawab sebagai anggota tim. (JS)


 * Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.