Header Ads

Kiat Hidup Sehat di Musim Penghujan Ala Siswa SMAK PENABUR Harapan Indah


JAKARTA, KalderaNews.com - Musim hujan telah tiba! Bagi sebagian orang musim ini merupakan musim yang paling menyebalkan karena penyakit terus berdatangan, seperti batuk, pilek, flu, dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena ketika musim hujan tiba daya tahan tubuh menurun sehingga penyakit mudah menyerang. Kegitan rutinitas yang biasa kita lakukan, seperti pergi dan pulang sekolah, pun menjadi terganggu. Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, inilah tips seputar menjaga kesehatan di musim penghujan karya siswa yang masuk Tim Jurnalistik SMAK PENABUR Harapan Indah bernama Y. Beatrich XA2 di situs resmi sekolahnya dengan judul "Kiat Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan":

1. Konsumsi vitamin

Seperti yang kita ketahui, musim hujan mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, karena itu mengkonsumsi vitamin c sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan sistem imun. Tidak susah untuk mendapatkan vitamin c. Hanya dengan mengonsumsi suplemen vitamin  atau dengan menkonsumsi buah – buahan maka kita sudah mendapatkan vitamin tersebut. Tentu saja kita tetap memiliki takaran disarankan kita mengonsumsi 1000mg vitamin C/hari.

2. Perhatikan pola tidur

Siapa di sini yang suka begadang? Begadang mengakibatkan daya tahan tubuh kita menurun karena ketika tidur sebenarnya tubuh kita melakukan regenerasi sel. Bila kita tidak memperhatikan pola tidur, sel kita tidak akan beregenerasi dengan baik.

3. Makan makanan sehat

Makanan sehat berarti makanan yang seimbang, 4 sehat 5 sempurna. Makanan yang seimbang membuat tubuh kita dapat menyesuaikan diri dengan cuaca sekitar karena setiap makanan memiliki keunggulan yang berbeda, seperti telur dengan sayuran. Telur memiliki fungsi meregenerasi sel yang rusak sedangkan sayuran memberikan vitamin, akibatnya  tubuh kita memiliki banyak pertahanan.

4. Minum air putih

Selain makanan, kita harus memperhatikan minuman kita. Minuman yang terbaik tentu saja air putih karena dengan meminum air putih kita sudah menjaga cairan tubuh kita. Banyak minum air putih juga membantu detoks tubuh dari racun dan menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Untuk itu, Anda harus tetap mengonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh Anda tiap harinya.

Menjaga tubuh menjadi kewajiban kita masing-masing. Tips ini hanyalah sebuah kata-kata, jika kita tidak melaksanakannya. Mari menjaga tubuh kita di musim penghujan ini. (
Y. Beatrich XA2)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini