Header Ads

Pancasila Adalah Indonesia, Indonesia Adalah Pancasila

RD. Martinus Hadiwidjoyo memerciki daun palma dengan air suci pada Perayaan Minggu Palma, Minggu, 25 Maret 2018 (KalderaNews/Natalia S)
JAKARTA, KalderaNews.com - Umat Katolik di Paroki Lubang Buaya, Jakarta Timur merayakan Minggu Palma penuh khidmat dengan perarakan dari halaman TK, SD dan SMP Markus 2 menuju Gereja Kalvari, Minggu, 25 Maret 2018.

Pada Minggu Palma ini seluruh umat Katolik di dunia, termasuk umat Katolik di paroki ini, mengenang masuknya Yesus ke kota Yerusalem sebelum Ia dikorbankan dan bangkit kembali, sesuai kepercayaan umat Kristiani.

RD. Martinus Hadiwidjoyo atau yang akrab disapa Romo Hadi dalam khotbahnya mengajak umat yang hadir untuk mengamalkan Pancasila karena Pancasila itu ideologi terbaik yang ada di dunia ini.

Ajakan ini tentu saja sejalan dengan tema dari Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2018 Keuskupan Agung Jakarta yaitu Amalkan Pancasila: Kita Bhinneka, Kita Indonesia.

"Kita harus mengamalkan Pancasila dengan KASIH (Kristus Allah Setia Indonesia Hidup). Kasih yang demikian tidak membenci, tidak melecehkan sesama dan menyebarkan ujaran kebencian."

Di akhir perayaan Minggu Palma, umat pun menyanyikan lagu "Amalkan Pancasila: Kita Bhinneka, Kita Indonesia" yang syairnya berbunyi: Kita Bhinneka, kita Indonesia, bersatu membangun bersama/Kita Bhinneka, Kita Indonesia, mari amalkan Pancasila/Tuhan menciptakan kita unik dan berbeda-beda, beragam suku, ras, agama dan budaya/Untuk bersatu menghargai sesama/Perbedaan bukan persoalan, tapi rahmat untuk persatuan/Di bawah Pancasila kita berada, Bhinneka Tunggal Ika. (NS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini