Header Ads

Peminat Beasiswa Seni Budaya Indonesia Terus Melonjak

Menlu RI Retno Marsudi memberikan ucapan selamat datang pada para penerima Beasiswa Seni Budaya Indonesia (KalderaNews/Kemlu RI)
 JAKARTA, KalderaNews.com - Perkembangan Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) terus meningkat. Tiap tahunnya terlihat pertambahan negara baru yang berpartisipasi di dalamnya.

Pada 2018 ini terdapat 5 (lima) negara baru yaitu, Benin, Ghana, Bangladesh, Bosnia Herzegovina dan Yordania. Selain itu, terdapat 5 pemuda Indonesia yang berasal dari Bengkulu, Jakarta, Yogyakarta, Maluku dan Papua Barat.

“Program ini sangat bagus dan impresif, ini akan menjadi petualangan baru bagi saya untuk mempelajari seni dan budaya melalui BSBI 2018,”  tegas Custodio Dos Santos e Silva salah seorang peserta dari Timor Leste pada KalderaNews.


BACA JUGA
Selamat, 72 Pemuda Asing Gondol Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia

Selama 3 (tiga) bulan peserta BSBI akan mempelajari Bahasa Indonesia, seni budaya dan keharmonisan beragama, kegiatan sosial dan kearifan lokal serta kunjungan ke situs-situs warisan budaya.

Dalam rentan waktu tersebut, para peserta akan berlatih pada 6 (enam) sanggar dan universitas mitra Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yaitu, Sanggar Semarandana di Denpasar, Rumah Budaya Rumata di Makassar, Sanggar Musik dan Tari Sofiyani di Padang, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Yogyakarta, serta untuk mengembangkan pengetahuan tentang Indonesia secara lebih luas pada 2018 ini dibuka Yayasan Seni Gubang, Kutai Kartanegara dan Sanggar Sayu Gringsing, Banyuwangi.

Di era milenial ini, penyelenggara juga mengundang partisipasi dari para penggiat media sosial/influencer, stasiun televisi serta media cetak untuk memeriahkan sekaligus menggapai dampak positif yang lebih luas. 

Catatan kegiatan kreatif dan promosi para alumni BSBI di negara asal untuk Indonesia antara lain yaitu menjadi guru tari/koreografer, menulis buku dan kajian Indonesia, menyelenggarakan pameran lukisan foto, promosi gastronomi, membuat ikatan persahabatan Indonesia dengan negara asal, membuat lagu dan video klip untuk media sosial dan lainnya. (JS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini