Header Ads

Yuk, Kenali Tipe Daya Juangmu!

Johana Rosalina. K, Ph.D., membawakan seminar "Anakku, Ramaja yang Tangguh" di Auditorium SMAK 7 Penabur pada Sabtu, 10 Maret 2018. (KalderaNews/AC)
JAKARTA, KalderaNews.com - Kehidupan manusia itu dapat diibaratkan seperti mendaki gunung. Untuk mencapai sebuah tujuan hingga di puncak kesuksesan diperlukan usaha yang terwujud dalam proses perjalanan.

Tidak semua proses perjalanan manusia menuju tujuan itu selalu mudah. Ada kalanya manusia mengalami kendala berupa medan yang sangat terjal. Oleh karena itu, perlu upaya yang tidak kenal lelah, meski kadang harus merasa lambat dan menyakitkan.

Demi tujuan yang hendak dicapai, tentu semua tantangan harus dihadapi manusia. Meski demikian tidak semua orang berani menghadapi tantangan tersebut.

Ahli psikologi anak dan remaja, Johana Rosalina. K, Ph.D., mengungkapkan ada tiga tipe orang berdasarkan daya juangnya. Hal itu ia sampaikan dalam seminar "Anakku, Remaja yang Tangguh" di SMAK 7 Penabur Jakarta pada Sabtu, 10 Maret 2018. Berikut ulasannya:

1. Tipe Quiter

Orang yang berada di tipe ini biasanya memilih berhenti sebelum memulai menghadapi tantangan. Hal ini karena mereka melihat tantangan itu sebagai kesulitan, bukan kesempatan sehingga mereka sering mengabaikan potensi dirinya.

Sebagian besar orang di tipe ini memiliki perasaan pahit dan frustasi. Mereka juga sering menyalahkan orang lain dan menanam sifat iri hati pada kemajuan orang lain.

2. Tipe Camper

Orang-orang yang memiliki tipe ini mudah merasa puas dengan pencapaian yang telah diperoleh. Mereka cenderung tidak mau melanjutkan perjalanan ketika sudah berhasil melewati beberapa tantangan sebelum mencapai puncak. Hal ini karena mereka sudah merasa nyaman, lalu "bersembunyi" dari tantangan berikutnya.

Mereka juga melihat bahwa sukses itu tujuan bukan perjalanan. Mereka menciptakan "penjara yang nyaman" bagi diri sendiri sehingga tidak ada pertumbuhan pribadi dan energi tambahan untuk mengarungi tantangan berikutnya.

3. Tipe Climber

Orang bertipe ini memiliki kehidupan yang 'penuh dan utuh'. Mereka memiliki tujuan hidup yang penuh makna dan penuh energi, dan semangat. Mereka juga tidak cepat bosan dan selalu mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati.

Mereka percaya bahwa apa yang dikerjakannya pasti berhasil walaupun orang-orang di sekelilingnya menertawakannya. Mereka biasanya memiliki kematangan dan kebijaksanaan.

Nah, kamu tipe yang mana ya? (AC)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini