Header Ads

Dicari! Universitas di Indonesia untuk Jadi Mitra Universitas AS

Konsul Jenderal Rosmalawati Chalid memberikan presentasi “Indonesia and ASEAN” di Indiana University of Bloomington (KalderaNews/KJRI Chicago)
CHICAGO, KalderaNews.com - Indiana University-Bloomington (IUB) berencana melebarkan sayap kerjasama dengan mitra lokal di Indonesia. Hal ini disampaikan pihak IUB saat menerima kunjungan Konsul Jenderal RI Chicago Rosmalawati Chalid.

Kerjasama yang dijajaki oleh pihak IUB antara lain adalah skema dual-degree, dimana mahasiswa Indonesia bisa mendapatkan gelar sarjana dari Indonesia dan AS sekaligus, dan pengembangan pusat inkubasi bisnis start-up mahasiswa. Akademisi IUB juga berminat melakukan penelitian tentang industri halal di Indonesia

“Potensi kerjasama dengan universitas di kawasan Midwest Amerika Serikat begitu besar. Apalagi peranan kampus tidak hanya berkutat pada dunia pendidikan saja tapi juga merambah pada hal-hal praktis yang akan bermanfaat bagi Indonesia, seperti pengembangan usaha start-up dan ekonomi digital,” ungkap Konsul Jenderal RI Chicago Rosmalawati Chalid dalam keterangan persnya pada
KalderaNews, Rabu, 11 April 2018.

Konjen Rosmalawati bersama dosen dan mahasiswa Southeast Asia Studies (KalderaNews/KJRI Chicago)

“KJRI Chicago berupaya menangkap peluang ini dan menindaklanjutinya dengan link and match mitra lokal di Indonesia,” imbuhnya.

Untuk mempromosikan Indonesia dan peran prositifnya di tingkat global dan regional, dalam kunjungan ini, Konsul Jenderal Rosmalawati memberikan kuliah umum bertema “Indonesian on the Global Stage”.

Selain itu, Konsul Jenderal Rosmalawati juga menjadi pembicara dalam sesi khusus “Indonesia and ASEAN” untuk kelas program studi Asia Tenggara dan ASEAN.

Saat ini, terdapat lebih dari 90 orang mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan sarjana hingga doktoral di IUB. Universitas ini masuk dalam 100 besar kampus terbaik di AS. Di kampus ini, selain program studi Asia Tenggara dan ASEAN, promosi Indonesia juga dilakukan melalui kurikulum kelas Bahasa Indonesia.

Pada tanggal 28 - 29 September 2018, IUB akan menjadi host kegiatan Indonesia Focus, konferensi ilmiah terbesar bagi para akademisi, ilmuwan, serta Indonesianis di kawasan AS.


Kegiatan ini membuka kesempatan bagi akademisi serta ilmuwan Indonesia untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan kolega mereka, khususnya di kawasan Midwest AS. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.