Header Ads

Foto Soekarno Beri Bunga Kimilsungia pada Kim Il Sung Selalu Jadi Andalan KBRI Pyongyang

Stan Indonesia di Festival Bunga Kimilsungia ke-20 yang diselenggarakan di Kimilsungia–Kimjongilia Exhibition House, Pyongyang, 12-19 April 2018 (KalderaNews/KBRI Pyongyang)
PYONGYANG, KalderaNews.com - Sekretaris II KBRI Pyongyang, Sukamto pada KalderaNews menyampaikan Indonesia mempersembahkan stan yang istimewa di Festival Bunga Kimilsungia ke-20 yang diselenggarakan di Kimilsungia–Kimjongilia Exhibition House, Pyongyang, 12-19 April 2018. Tak mengherankan KBRI Pyongyang berhasil memperoleh Penghargaan Terbaik II untuk kategori stan peserta asing.

Dengan stan tersebut? Yup, Stan KBRI Pyongyang di festival itu adalah foto Presiden Soekarno sewaktu menyerahkan Bunga Kimilsungia pada Presiden Kim Il Sung sebagai hadiah ulang tahun Pemimpin Besar Korea Utara tersebut di Kebun Raya Bogor pada 13 April 1965. Foto ini  terpampang di dinding stan dengan motif batik Kalimantan.

Selain itu, dua payung merah dan penjor mini khas Bali dipajang di sebelah kiri dan kanan foto kedua pemimpin besar tersebut. Tak hanya itu saja, lampu hias berwarna kuning di bawahnya menambah keunikan dan mempercantik tampilan stan KBRI.

Tak ayal, banyak pengunjung, baik warga Korea maupun ekspatriat dan wisatawan asing, singgah dan berfoto bersama atau berswa foto di depan stan KBRI.

Menurut Sukamto, KBRI merupakan satu-satunya perwakilan asing yang diundang pada upacara pembukaan dan penutupan festival. Ditambahkannya, kedutaan besar asing yang lain dan perwakilan organisasi internasional di Korea Utara mendapat undangan resmi untuk mengunjungi festival pada hari kedua dan dapat berkunjung kembali pada hari-hari berikutnya sebelum upacara penutupan.

Selain festival di Pyongyang ini, pameran bunga Kimilsungia juga digelar di kota-kota lain di Korea Utara. Karena itulah, masyarakat di seluruh Korea Utara mengenal dengan baik Kimilsungia, Soekarno dan Indonesia. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.