Header Ads

Ini Lho 5 Penyebab Kamu Malas untuk Belajar



JAKARTA, KalderaNews.com - Untuk mendapatkan nilai yang baik, seseorang harus belajar. Sayangnya, tak sedikit orang yang malas belajar. Nah, saat putra-putri Anda atau kalian sebagai siswa/siswi atau mahasiswa/mahasiswi malas belajar, bisa jadi karena 5 faktor berikut ini:

1. Sibuk Pacaran

Kalau ada yang bilang pacaran bisa menambah semangat dalam hal belajar, itu tak 100% benar. Siswa atau siswi yang pacaran tak jarang justru makin lebih sibuk WA atau telponan bersama pujaan hatinya. Selain itu, tak jarang mereka malah sering kencan di jam-jam belajar.

2. Pengaruh Smartphone
Saat-saat jam belajar, tak jarang pelajar, siswa atau mahasiswa sibuk membalas WA atau bercengkrama dengan medsosnya. Bisa dibayangkan saat konsentrasi belajar, tiba-tiba ada pesan WA atau notifikasi medsos masuk, konsentrasi bisa langsung pudar dan tak jarang seseorang justru makin penasaran dan ingin segera membukanya dan sibuk dengan smartphonenya. Berselancar deh hingga ke youtube segala. Tantangan berat lainnya, di zaman game online yang makin marak sekarang ini, daya pikat game-game online sanggup meninanabobokkan siswa. Karena sibuk dengan gadgetnya, ia pun menunda belajarnya.

3. Program Televisi
Acara-acara televisi menarik banyak ditayangkan pada saat jam belajar membuat mereka tergoda untuk menonton acara tersebut, apalagi tayangan-tayangan yang bergenre romance. Karena takut tidak bisa menonton acara tersebut , seorang pelajar biasanya lebih memilih menonton acara TV dibandingkan dengan belajar.

4. Tidak Suka Mata Pelajarannya
Siswa ada yang malas belajar saat harus mempelajari mata pelajaran tertentu yang tidak disukainya. Biasanya, siswa paling banya malas ketika belajar mata pelajaran yang ada berhitungnya misalnya seperti matematika dan fisika. Pada kasus lain, siswa tidak suka belajar pelajaran tertentu karena memang tidak tertarik dengan ilmu dari mata pelajaran tersebut. Bisa jadi pula, tidak suka mata pelajaran tertentu karena faktor gurunya.

5. Terlalu Banyak Bermain
Terlalu banyak bermain juga dapat memnyebabkan seorang menjadi malas untuk belajar. Banyak bermain menyebabkan seseorang menjadi lelah dan ngantuk. Giliran harus belajar, udah tepar deh. Solusinya: membagi waktu antara belajar dan bermain dengan bijaksana. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.