Header Ads

Simak Pemicu Utama Konsumen Beli Smartphone


JAKARTA, KalderaNews.com - Sejak 2016 kepemilikan smartphone meningkat jauh melebihi kepemilikan feature phone. Dari total 67% pemilik perangkat seluler di 11 kota di Indonesia yang disurvey Nielsen pada 2017, pemilik smartphone telah mencapai 44% sementara pemilik feature phone hanya 26%.

Jumlah pemilik smartphone ini meningkat cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2015, dimana jumlah pemilik smartphone masih lebih sedikit (34%) daripada pemilik feature phone (43%).

Hanya 2,5% dari pemilik perangkat seluler yang memiliki smartphone dan feature phone sekaligus. Angka ini kecenderungannya terus menurun dibandingkan dengan tahun 2016 (2,8%) dan 2015 (3,9%).

Pemicu utama bagi konsumen dalam membeli smartphone adalah fitur-fitur hiburan dan multimedia. Ini terlihat dari faktor-faktor utama yang dipertimbangkan konsumen saat membeli smartphone, seperti (1) Agar dapat terhubung dengan orang lain, (2) dianggap sebagai hal penting dan mendesak, (3) Untuk mendengarkan musik, (4) Ngobrol dan (5) Mendapatkan dan berbagi informasi terkini.

Dalam hal penggunaan, sesuai dengan alasan utama membeli smartphone yaitu fitur hiburan dan multimedia, para pemilik smartphone sangat gemar mengirim pesan singkat (64%) dengan beberapa aplikasi pesan yang paling sering diakses yaitu Whatsapp, BBM, dan Line.

59 persen senang berinteraksi di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan Path. Sementara itu 48 persen konsumen menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik atau menonton video melalui Youtube, Joox, dan Spotify.

“Sekitar 2 dari 3 pengguna smartphone menggunakan perangkatnya untuk bertukar pesan melalui aplikasi instant messaging dan lebih dari separuh pengguna smartphone (59%) juga terhubung ke media sosial. Jadi tak dapat dipungkiri bahwa pengguna smartphone ini sangat terbiasa untuk terus terhubung satu dengan yang lain (constant connectivity)” kata Executive Director Media Nielsen Indonesia, Hellen Katherina pada KalderaNews. (JS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.