Header Ads

Tanggap Darurat Bencana Banjir Jadi Prioritas Kabupaten Barru

Geladi Ruang penanganan bencana banjir di Kabutapen Barru, Selasa, 24 April 2018 (KalderaNews/LPBI NU)
KAB. BARRU, KalderaNews.com -  Peningkatan kapasitas pemerintah dan masyarakat daerah dalam kesiapsiagaan bencana menuju tanggap darurat yang cepat, tepat, dan efektif masih menjadi prioritas di Kabupaten Barru.

Hal ini ditegaskan Sekretaris PP LPBI NU, Yayah Ruchyati pada KalderaNews usai ambil bagian dalam Geladi Ruang untuk mendorong sistem dan mekanisme yang efektif dalam menghadapi keadaan darurat bencana di Kabupaten Barru, Selasa, 24 April 2018.

Geladi Ruang penanganan banjir kali ini melibatkan OPD, Polres, Kodim, komponen tingkat Kabupaten Barru, perangkat dan perwakilan masyarakat desa serta Kelurahan Lompo Tengah, Lalabata dan Balusu.

Ia menambahkan acara LPBI NU yang didukung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) ini bertujuan meningkatnya ketrampilan dan pemahaman para pihak dalam menghadapi situasi darurat bencana di wilayahnya serta menyediakan informasi terkait pembagian peran antar aktor dan kebutuhan sumberdaya yang dibutuhkan.

Ketua PCNU Barru, Dr. KH. Irham Jalil Aliya, MM mengakui forum, komunitas dan kader kebencanaan memang sangat diperlukan karena di Kabupaten Barru memang belum ada. Hal senada diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Barru, Ir. H.Abdul Kadir, MP dan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sulawesi Selatan, Endro Yudo Waryono. (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.