Header Ads

Upaya Mengabadikan Karya Mahasiswa




Judul Buku : Susu Soda : Isu-Isu Sosial Media
Penulis : Finsensius Yuli Purnama, dkk
Penerbit : Kanisius
Tahun Terbit : 2018
Jumlah Halaman : XIV + 355

Oleh: Indrawan Perdana K *
  
"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian."
(Pramoedya Ananta Toer) 

Hal tersebut yang sedang dicoba oleh dosen sekaligus mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FIKOM UKWMS). Buku Susu Soda: Isu-Isu Sosial Media mengajak setiap mahasiswa untuk membuat sebuah penelitian ringan mengenai tema tertentu yang dikaitkan dengan teori dalam kajian komunikasi massa. Harapannya, buah pikir mahasiswa tidak hanya berakhir pada sebuah nilai akademik belaka, melainkan mampu membuka cakrawala khalayak.

Adalah mahasiswa FIKOM-Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angakatan 2015, periode Semester Gasal 2016/2017 yang bersama dosen pengampunya, Fins Purnama dalam mata kuliah Komunikas Massa yang berinisiatif membuat karya ini. Tema yang diambil adalah terkait hal yang sedang booming, yang sedang digandrungi oleh banyak pihak dan menjadi media baru dalam berkomunikasi.


Ya, buku ini berisi ulasan-ulansan lebih dalam dan beragam terkait media sosial dalan kajian komunikasi massa. Bahasan terkait media sosial yang disampaikan di sini tentunya berdasarkan sudut pandang mahasiswa yang disampaikan secara ringan, terstruktur, serta tetap mengedepankan logika dan teori.

Buku ini tentu bisa menjadi rujukan penting mengenai media sosial dan kajian komunikasi massa. Dengan isu-isu yang menarik tentu buku ini juga pas dibaca saat menghabiskan waktu senggang. Buku yang diterbitkan Penerbit Kanisius dan Penerbit UKWMS ini juga memuat konten yang kekinian berdasarkan subtema yang dipilih sebagai isi buku ini. Contoh subtema yang dibahas adalah, news, promosi event, e-commerce, dan masih ada subtema menarik lainnya. 


Berawal dari pembagian subtema tersebut, turun menjadi beberapa judul penelitian yang berhasil digarap oleh mahasiswa FIKOM UKWMS. Kemenarikan dan keberagaman tidak berhenti di subtema saja, ternyata judul-judul yang diambil juga kekinian, unik dan yang pasti tetap mengedepankan kaidah ilmiah, sehingga sangat cocok sebagai refenrensi atau bahan pembanding bagi penelitian sejenis khususnya terkait komunikasi massa dan media baru.

Jika diperhatikan lebih dalam, ternyata buku ini memuat berbagai media sosial sebagai bahasannya, mahasiswa FIKOM UKWMS tidak terpatok dalam media sosial tertentu dalam membuat tulisan ini. Namun memang ada satu media sosial yang menjadi primadona untuk diteliti dan itu pun tentunya bergantung pada subtema yang didapat. Sebagai contoh media sosial yang diteliti adalah Kaskus, Instagram, Youtube, Facebook, Blog, Online News, dsb. Sungguh beragam bukan.

Ditinjau dari segi teori, buku hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa FIKOM UKWMS ini menggunakan teori komunikasi massa yang beragam pula. Hal ini bisa diartikan sebagai bentuk antusiasme mahasiswa dalam mengerjakan proyek ini, karena dengan teori yang beragam artinya akan menyajikan penelitian dan konten yang tentu bervariasi. Variasi-variasi lain juga ditunjukkan oleh mahasiswa, yakni terkait pemilihan judul. Semua judul yang diambil, hampir semua menggunakan judul yang variatif dan menggelitik, imbasnya akan membuat penasaran bagi pembacanya.

Sebagai contoh ada salah satu penelitian yang berjudul “Yakin Suka Nonton Indovidgram?”, bagi penggemar akun instagram, ini tentunya akan memancing rasa penasaran dan menggelitik sisi fanantisme penggemar. Ditinjau dari bahasa penulisan, buku ini memiliki bahasa yang sedikit formal karena DNA-nya adalah penelitian ilmiah, namun tetap mampu disampaikan secara ringan ditambah lagi sistem penulisannya yang terstruktur sehingga bisa dipertimbangkan sebagai bahan referensi.

Terakhir, terkait inovasi dalam berkarya, buku Susu Soda : Isu-Isu Sosial Media ini mampu menjadi inspirasi bagi institusi lain dalam menciptakan solusi terkait pendokumentasian serta penilaian terhadap suatu karya tulis mahasiswa. Dari sudut pandang mahasiswa, tugas yang biasanya berakhir di meja dosen, kini mampu dikembangkan dan disatukan menjadi sebuah buku yang seperti dijelaskan di awal, mampu memberi manfaat bagi khalayak luas. Selain itu, buku ini juga bisa digunakan sebagai pemacu motivasi yang lebih tangible bagi mahasiswa dalam menyelsaikan tugas atau penelitian.

Dengan dibukukan seperti ini, mahasiwa merasa mendapatkan reward lebih sebagai bentuk apresiasi atas tulisan yang telah dibuat sehingga akan muncul perasaan bangga, baik terhadap keilmuan dan juga almamaternya. Ditinjau dari sudut pandang institusi, buku ini bisa menjadi bahan promosi yang memiliki value lebih atas bukti dedikasi keilmuannya kepada khalayak luas.

Secara keseluruhan buku ini memuat berbagai macam fenomena terkait media sosial dalan kajian komunikasi massa dengan sudut pandang mahasiswa yang menarik, ringan dan terstruktur. Buku ini cocok digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa dalam mengerjakan penelitian komunikasi massa dan media baru. Bisa menjadi inovasi yang baru bagi penyelesaian akhir dari suatu tugas akhir mata kuliah, serta menjadi bentuk apresiasi yang lebih nyata bagi mahasiswa dan menciptakan rasa bangga atas ilmu dan almamater. Bagi institusi buku ini mampu menjadi media promosi yang lebih valuable dan bukti dedikasi institusi kepada khalayak luas. Dan satu hal yang bisa dilihat dari buku ini adalah adanya kemungkinan pengembangan yang lebih jauh guna membuka cakrawala ilmu komunikasi yang lebih luas. Sukses selalu FIKOM UKWMS!

* Indrawan Perdana K, Mahasiswa Semester 5  F
akultas Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FIKOM UKWMS).
 
"Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu."

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.