Header Ads

6 Pos Keuangan yang Perlu Dianggarkan Jelang Lebaran

JAKARTA, KalderaNews.com - Mengelola uang saat masa puasa atau Ramadhan itu sangat penting karena pengelolaan uang yang kurang tepat dan cerdas justru akan merugikan keuangan pribadi atau keluarga. Setidaknya, kita tahu dan mengerti pos-pos mana saja yang perlu diprioritaskan hingga Lebaran usai. Harus diakui, di masa puasa menuju Lebaran itu tidak lama. Dengan pendapatan bulanan plus uang THR, sudah selayaknya pula kita menganggarkan pendapatan yang diperoleh untuk 7 pos berikut ini sejak hari ini:

1. Pos untuk Zakat, Infaq dan Sedekah
Menghitung zakat dan mempersiapkan dananya jauh hari sangat bermanfaat karena zakat itu sifatnya wajib. Jadi, jangan lah pos penting ini terlupakan. Selain zakat, uang untuk infaq dan sedekah di bulan Ramadhan ini juga perlu disiapkan.

2. Pos untuk THR
THR ini tentu saja untuk orang-orang yang selama ini membantu di rumah, seperti Asisten Rumah Tangga, security, sopir dan mereka yang membersihkan kebun atau mengurus sampah. THR mereka ini kudu disiapkan sejak sekarang dan diberikan 10 hari sebelum Lebaran.

3. Pos untuk mudik
Biaya mudik itu tidak sedikit. Apalagi, saat terpaksa harus bermacet-macetan di sepanjang perjalanan. Baik juga selalu diingat bahwa pengeluaran untuk mudik ini jangan sampai menguras tabungan yang mengakibatkan paceklik setelah Idul Fitri.



4. Pos untuk baju baru
Lebaran identik dengan baju baru , celana baru hingga sepatu baru. Karena pos ini biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi untuk satu keluarga, tak ada salahnya mulai memantengi banjir diskon yang ditawarkan toko-toko offline dan online.
 

5. Pos untuk parcel
Di beberapa keluarga ada tradisi saling memberikan bingkisan ke rumah tetangga, saudara dan kerabat. Supaya terukur dan terencana sesuai budget yang dimiliki, sangat disarankan untuk mencatat siapa-siapa yang akan dikasih dan tentukan budgetnya secara terperinci..
 

6. Pos untuk salam tempel
Salam tempel saat Lebaran sudah mentradisi. Mereka yang sudah bekerja biasanya memberikan salam tempel pada keponakan-keponakannya.
 

7. Pos untuk tabungan atau investasi
Jelang Lebaran adalah saat yang tepat kalau kamu untuk berpikir tentang tabungan atau investasi. Pasalnya, jelang Lebaran ada juga yang namanya uang THR (Tunjangan Hari Raya). Idealnya, dana untuk tabungan atau investasi itu 10% dari penghasilan THR. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini