Header Ads

7 Hal yang Perlu Loe Camkan Saat Ngerasa Sudah Sukses atau Mapan




JAKARTA, KalderaNews.com - Hidup mapan alias sukses menjadi dambaan setiap dari Loe sejak kecil. Tapi yang namanya sukses atau mapan itu juga relatif. Pandangan umum hanya melihat kemapanan dari yang sifatnya fisik tanpa tahu yang sebenarnya terjadi di baliknya. Tak sedikit orang yang dianggap mapan atau sukses dalam pandangan umum, ternyata di baliknya banyak utang. So, kalau Loe sendiri sudah merasa mapan, ada baiknya ingat 7 hal berikut ini karena Roda kehidupan itu terus berputar:

1. Ingat dan Jangan Lupakan Teman
Loe nggak akan pernah tahu masalah yang akan menimpa di  hari esok. So, jangan pernah Loe lupakan temen-temen Loe. Bagaimana pun kesuksesan Loe juga karena peran mereka yang mau menerima Loe apa adanya sebelum sukses. Mereka itu mewarnai hidupmu dalam suka dan duka. Sekali Loe melupakan mereka, saat bencana menimpamu mereka jadi mikir saat akan membantu Loe lagi.

2. Jangan Foya-foya
Siapa pun Loe, saat ngerasa udah sukses akan cenderung foto-foyo. Itu naluri nafsu manusiawi. Banyak dari Loe lupa masa depan. Banyak dari Loe saat sukses mengabaikan masa depan yang sejatinya menjadi kunci untuk kondisi perekonomian tetap terjaga.

3. Jangan Sombong
Loe yang ngerasa sudah kaya bisa-bisa menjadi jatuh miskin hanya dalam sekejap karena kesombongan. Kesombongan adalah dosa favorit Loe sebagai manusia. Kesombongan adalah antitesis rendah hati.

4. Ingat Orangtua
Kesuksesan yang Loe gapai hari ini tak dipungkiri berkat doa dan dukungan orangtua. Mereka memiliki andil yang tidak kecil. Pengorbanan mereka selama ini tanpa pamrih. So, sayangi dan jalin hubungan yang baik dengan orangtua. Jangan sampai doa yang selama ini dihunjukkan untukmu, berubah menjadi doa yang mengutuk karena kepongahan Loe.

5. Terus Belajar
Loe yang ngerasa sudah sukses jangan lelah untuk terus belajar. Semakin hari semakin banyak orang pintar. Loe yang ngerasa pintar bisa jadi kepintarannya tak beda jauh dengan mereka yang baru lulus. Mereka yang tak mau belajar biasanya tersingkir. Kalau Loe tidak mau belajar, bisa jadi kesuksesanmu itu hanya sementara saja.

6. Bersedekah dan Beramal
Bersedekah adalah antitesis dari foya-foya dan kesombongan. Bersedekah adalah cara paling tepat untuk bersyukur atas kesuksesan sebagai anugerah gratis dari Sang Pemberi Hidup. Memang, yang namanya sukses adalah buah kerja keras, tapi sukses juga tidak bisa lepas begitu saja dari yang namanya keberuntungan yang sengaja diujikan dari Sang Pemberi Hidup.

7. Ingat Hari Tua
Tak sedikit orang yang saat muda hidup kaya-raya dan foya-foya, saat tua jatuh miskin dan merana. Loe yang ngerasa sukses, jangan lupakan nabung untuk masa depan, entah dalam bentuk tabungan, deposito atau  berbagai jenis investasi. Ingat, roda kehidupan terus berputar. (JS


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.