Header Ads

8 Tips Irit untuk Anak Kos di Bulan Ramadhan ini Bikin Ngakak


JAKARTA, KalderaNews.com - Karena uang saku anak kos cenderung terbatas, bahkan beberapa anak kos kadang-kadang harus nahan lapar karena kiriman dari orang tua belum datang, tak ada salahnya lakukan 8 tips irit selama Ramadhan berikut ini:

1. Nginap di Rumah Teman

Sebagai mahasiswa rantau dan harus ngekos, tentunya kamu punya teman yang tinggal di rumah bersama orang tuanya dan letaknya tak jauh dari kosmu. Nah, bila kamu menginap di rumahnya, masa sih kamu ngga nimbrung sahur. Tapi jangan lupa bantu cuci piringnya. Kalau bisa masak, ya bantu-batu dikit.

2. Makan malam (buka puasa) dengan menu biasa


Setelah kurang lebih 14 jam perut dan kerongkongan kosong tanpa makanan, memang wajar kalau kita ingin melegakannya. Kunci penghematan yaitu makan malam seperti biasanya: ujung-ujungnya mie instan to. Kalao mau beli ya, pilih lah menu makanan dengan rentang harga yang tidak terlalu berbeda dengan jatah makan malam seperti hari biasa.

3. Datang ke masjid lebih awal

Sambil menunggu saat berbuka puasa, tak ada salahnya beritikaf atau membantu takmir masjid membersihkan karpet salat. Meski akan terlihat tak seperti biasanya, abaikan saja. Toh tidak sedikit dermawan yang mencari keberkahan dengan berbagi makanan dan takjil untuk para muadzin, takmir, termasuk para jemaah.

4. Masak bareng sesama anak kos


Memasak sendiri bisa menghemat pengeluaran hingga tiga kali lipat dibanding harus beli di warung. Sebagai sesama anak kos, mengajak sesama anak kos untuk masak bersama memang tidak ada salahnya, asalkan benar-benar kenal baik. Selain irit, bila uangmu tidak cukup, toh bisa ditombokin, asal kamu bersemangat saat memasak bareng.

5. Cek kalender Facebook

Sering-sering cek kalender di Facebook buat ngucapin ulang tahun temanmu, siapa tahu ditraktir buka bersama,'kan?

6. Giat mencari takjil gratis

Sambil menunggu saat berbuka, manfaatkanlah waktu luang untuk keliling mencari takjil gratis. Di pertigaan lampu merah hingga lorong-lorong kampus biasanya banyak dermawan yang membagi-bagikan takjil gratis. Ya, sekali-kali bersaing dengan pengemis dan pengamen tak apalah.

7. Carilah ngabeburit gratis


Bulan Ramadan adalah bulan untuk berbagi, tak jarang mereka yang punya duit lebih dan para pejabat menjadikan momen Ramadan untuk berbagi dengan mengadakan ngabeburit gratis tanpa undangan dan terbuka untuk umum. Memanfaatkan momen ini memang tidak ada salahnya. Apalagi, uang lagi mepet. Cari info sebanyak-banyakan info ini dari teman-teman dekatmu atau teman nongkrong.

8. Nongkrong di rumah teman

Berdalih menanyakan materi ujian atau pelajaran, plus itung-itung sembari silaturahmi jelang buka puasa, kamu bisa nongkrongin rumah teman menjelang jam berbuka. Biar diajak buka bareng sama orang tuanya. Nah, Loe. Asyik kan. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.