Header Ads

Deadline Program 5000 Doktor 31 Mei 2018, Why Beasiswa Ini Kurang Diminati

JAKARTA, KalderaNews.com - Deadline pendaftaran beasiswa Program 5000 Doktor Kemenag tinggal menghitung hari, yakni 31 Mei 2018. Sayangnya, dari kuota yang tersedia, jumlah pendaftar yang telah melengkapi berkasnya tergolong sangat sedikit.

Sebagaimana telah diberitakan KalderaNews sebelumnya, jumlah pendaftar kurang dari 5.000. “Kita sudah mendapatkan 4.098 pendaftar. Namun yang melengkapi berkas masih sangat kecil, yakni full scholarship 696 orang dan BPP 165 orang. Selebihnya berkasnya belum lengkap,” aku Kasubdit Ketenagaan Kementerian Agama Ahmad Syafii di laman resmi Kementerian Agama dalam pantauan KalderaNews, Minggu malam, 27 Mei 2018.

Kenyataan ini memang memprihatinkan dan menimbulkan tanda tanya kenapa bisa seperti ini. Pengamatan KalderaNews di banyak program beasiswa, biasanya dibanjiri pendaftar. Bahkan, peminatnya bisa 10x lipat. Something wrong dengan Program 5.000 Doktor ini?


BACA JUGA:
Tersedia Beasiswa 5.000 Doktor Kemenag, Hanya 861 Kandidat yang Lengkap
Minim Sosialisasi Beasiswa Doktor ke Prancis Kurang Diminati 

 
Diketahui, Program 5000 Doktor adalah program unggulan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam yang diluncurkan secara resmi pertama kali oleh Presiden RI Joko Widodo pada Desember 2014. Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam melalui pendidikan S3 di berbagai perguruan tinggi berkualitas.

Program beasiswa ini memiliki dua (2) skema yaitu Beasiswa Program Doktor (Full Scholarship) dan Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP).

Beasiswa Program Doktor (Full Scholarship) adalah beasiswa Kementerian Agama bagi dosen dan tenaga kependidikan yang bekerja pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), atau pegawai Kementerian Agama untuk menempuh studi jenjang doktor (S3) di perguruan tinggi berkualitas di dalam negeri. Beasiswa diberikan selama tiga tahun (6 semester)yang meliputi biaya studi (tuition fee) yang besarannya ditetapkan oleh kampus tujuan dan biaya hidup (living cost) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, Program Bantuan Penyelesaian Pendidikan (BPP diperuntukkan  bagi  dosen  dan  PNS  pada  PTKIN  atau  Kementerian  Agama  yang sedang  dalam  tahap  akhir  penyelesaian  studi  di  kampus  yang  terakreditasi  A  atau  B. Bantuan berupa uang yang besarannya ditentukan kemudian dan diberikan dalam sekali.

Proses seleksi meliputi beberapa tahap mulai pendaftaran yang deadlinenya tinggal beberapa hari yaitu Pendaftaran: 13 April 2018-31 Mei 2018. Pengumuman Lulus Administrasi: 8 Juni 2018. Ujian Tulis dan Wawancara: 27-28 Juni 2018 (Khusus untuk PTKI). Ujian Wawancara: 4 Juli 2018.


Nah, bagi mereka yang masih ingin mendaftar, dianjurkan mendaftar di laman yang resmi, yakni KLIK: Beasiswa 5.000 Doktor Dalam Negeri. Sementara itu, bagi yang masih ada kendala dapat menghubungi panitia ke email moradn2018@gmail.com. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.