Header Ads

"Green Rusunawa" Unika Atma Jaya Dikembangkan di Muara Baru


Pusat Pemberdayaan Masyarakat Unika Atma Jaya menggelar talkshow "Air Hujan untuk Kehidupan", Jakarta, Jumat, 4 Mei 2018 (KalderaNews/Unika Atma Jaya)

JAKARTA, KalderaNews.com - Universitas Atma Jaya bekerjasama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) memperkenalkan proyek percontohan yang dinamai proyek "Green Rusunawa". Proyek ini mengintegrasikan model pengelolaan air berupa pemanfaatan air hujan melalui sistem Rain Water Harvesting (RWH) dan pengelolaan sampah di Rumah Susun Sederhana Sewa atau yang dikenal dengan Rusunawa.

Sebagai proyek percontohan, konsep Green Rusunawa ini dikembangan di 3 blok (blok 5,6 dan 7) di Rusunawa Muara Baru, Jakarta Utara.

Konsep pengintegrasian tata kelola air dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan di kompleks hunian vertikal seperti rumah susun ini juga sekaligus mendukung konsep pembangunan kota yang berkelanjutan (sustainable city) sebagai salah satu fokus pilar pembangunan infrastruktur pemerintah, khususnya poin kesebelas dari Sustainable Development Goals / SDG, yaitu menjadikan kota dan permukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Dalam awal implementasinya di 2017, Pusat Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Unika Atma Jaya yang bermitra dengan CCFI, yang terlibat langsung mulai dari proses mendesain program, perakitan insfrastruktur RWH, hingga pelatihan dan pendampingan masyarakat dalam membangun sistem pengelolaan sampah berkelanjutan melalui pemberdayaan bank sampah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI, Ir. Agustino Darmawan, MM, mengapresiasi konsep Green Rusunawa yang merupakan salah satu bentuk kolaborasi strategis antara dunia usaha, akademisi, serta pemerintah dalam memastikan ketersediaan dan pengelolaan air bersih serta sanitasi yang berkelanjutan.

"Hunian ini merupakan salah satu contoh yang tepat dalam pengembangan rumah susun yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan air hujan,” tandasnya. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini