Header Ads

Gunung Merapi Meletus, Jauhi Radius 3 Km

Letusan Gunung Merapi terpantau dari Klaten (KalderaNews/Ist)
MAGELANG, KalderaNews.com - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan DIY dan Jateng mengeluarkan asap tebal di udara pada Jumat pagi, 11 Mei 2018. Asap tebal putih tersebut terlihat jelas membumbung tinggi karena pada pukul 07:49 WIB tersebut cuaca di Merapi sangat cerah.

BPBD Magelang melaporkan salah satu gunung paling aktif di dunia ini memuntahkan debu panas dengan letusan freatik.

Masyarakat pun diimbau untuk tetap tenang. Tim KalderaNews di Rumah Baca Komunitas Merapi (RBKM) yang terletak di Dusun Gemer, Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah mengabarkan sejumlah petani yang hendak pergi ke sawah pun mengurungkan niatnya dan memilih kembali ke rumah.


Petani di lereng Gunung Merapi memilih pulang ke rumah. Asap putih terpantau dari Dusun Gemer, Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah (KalderaNews/Tri Wahyu)

Pihak BPBD Magelang pun mengimbau masyarakat untuk menjauhi radius 3 Km. Radius 3 Km dari puncak Merapi ini sejatinya masih jauh dari pemukiman warga. Rata-rata pemukiman warga di yang dekat dengan puncak Merapi yaitu 6 Km. 

"Asap tersebut akibat matrial di pinggir kawah yang ambrol masuk ke kawah Merapi. Jadi bukan Meletus. Letusan fraktik akibat reaksi air hujan yg masuk ke kawah."

Sementara itu, BPPTKG pun melaporkan bahwa kondisi kawah normal dengan tekanan lemah. Dengan demikian status aktivitas pun normal. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.