Header Ads

Jepang-Indonesia Sepaham Soal Penanggulangan Terorisme

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi di Buenos Aires, Argentina, Senin, 21 Mei 2018 (KalderaNews/Kedubes Jepang)
JAKARTA, KalderaNews.com - Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono telah melakukan pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri dengan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi yang juga turut hadir pada pertemuan para Menteri Luar Negeri G20 di Buenos Aires, Argentina, Pada 21 Mei 2018, pukul 14:00 (waktu setempat).

Kedutaan Besar Jepang di Jakarta pada KalderaNews menyampaikan bahwa pada pertemuan yang berlangsung selama 30 menit itu, Menlu Kono menyampaikan turut berbelasungkawa dari lubuk hati terdalam kepada keluarga korban yang tewas dan menjadi korban luka-luka pada peristiwa teror bom di beberapa tempat di Surabaya beberapa waktu lalu.

Ia juga menyatakan bahwa teror semacam ini dengan alasan apapun tidak bisa dimaafkan. Menanggapi hal tersebut, Menlu Retno mengatakan bahwa teror adalah ancaman nyata, dan ingin bekerja sama dengan Jepang di bidang penanggulangan terorisme.

Di samping itu, sehubungan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini, Menlu Kono menyatakan keinginannya untuk semakin memperkuat kerjasama antara Jepang dan Indonesia. Terkait hal ini, Menlu Retno menyampaikan bahwa beliau ingin menjadikan kesempatan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik untuk makin memperluas kerjasama antara Jepang dan Indonesia.

Kedua Menteri Luar Negeri juga bertukar pendapat mengenai situasi regional termasuk Korea Utara, Laut Tiongkok Selatan, situasi di Timur Tengah, serta sepakat untuk bekerja sama dengan erat di masa mendatang. Lebih lanjut, Menlu Kono juga meminta pengertian dan kerjasama Menlu Retno terkait penyelesaian awal masalah penculikan. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.