Header Ads

5 Tips Bagi Orangtua Cegah Anak Kecanduan Gadget Saat Liburan


JAKARTA, KalderaNews.com - Libur Lebaran dan sekolah sudah tiba. Bagi anak-anak, liburan adalah saat yang penting untuk menimba semangat baru, agar saat masuk sekolah lagi sudah fresh.

Sayangnya, seiring dengan perkembangan dan kemajaun teknologi, anak-anak banyak yang tidak bisa menikmati liburan dengan benar. Banyak anak-anak saat liburan justru kecanduan gadget di tangan, entah untuk game online, update dan cek status hingga berselanjar, sehingga justru menjadi autis dan ansos (anti sosial) karena sibuk dengan dirinya sendiri

Menyikapi kenyataan seperti ini, orangtua harus berani mencegah anak kecanduan gadget. Berikut ini 5 tips bagi orangtua agar anaknya tidak kecanduan gadget saat liburan.

1. Harus Tegas Batasi Waktu Online
The American Academy of Pediatrics mengatakan dua jam adalah batas maksimal. Sementara itu Direktur Pusat Kesehatan Anak, Perilaku dan Pengembangan Rumah Sakit Anak Seattle, Demetri Christakis justru berpendapat 2 jam masih terlalu banyak dan hanya menyarankan 1 jam. Akses internet yang diberikan secara bebas dan tidak terbatas berpotensi mengurangi aktivitas fisik dan aktivitas sosial yang diperlukan untuk tumbuh-kembang anak.

2. Orangtua Berikan Contoh

Orangtua juga jangan menghabiskan waktu berjam-jam dengan gawai, ketika anak-anak ada di rumah dan jangan fokus update media sosial ketika berada bersama keluarga. Keteladananornag tua akan dicontoh kalau menggunakan internet secara berlebihan.

3. Quality Time Keluarga

Banyak orantua menenangkan anaknya dengan memberikam gadget sehingga anak leluasa menggunakan gadget. Ini juga tidak tepat. Keluarga yang bahagia tidak diukur dari banyaknya gadgetatau kuota internet. Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga justru meningkatkan kedekatan, bukannya sibuk dengan masing-masing gadget.

4. Alihkan "Nafsu" Online

Untuk menghindari penggunaan internet yang berlebihan, orangtua dapat memberikan alternatif seperti membaca buku dongeng bersama, bermain puzzle bersama, silaturahmi hingga nonton bersama. 


5. Ajari Ketrampilan Baru

Cobalah juga untuk mengajari keterampilan baru yang belum di miliki anak. Keterampilan tersebut bisa seni, olahraga, olah makanan hingga naik sepeda. Kegiatan ini bermanfaat untuk memacu fisik, motorik dan kognitif anak.
(AC)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.