Header Ads

6 Tips Aman Saat Nyetir Perjalanan Jauh


JAKARTA, KalderaNews.com - Mudik telah tiba. Rasa bahagia menghinggapi sebagian besar dari kita karena akan segera berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Dengan bebagai pertimbangan, banyak keluarga mudik Lebaran dengan mengendarai kendaraan sendiri.

Mudik dengan kendaraan pribasi memang memiliki banyak kelebihan, seperti waktu lebuh fleksibel dan bisa lebih irit dibanding dengan menggunakan sarana transportasi umum.

Nah, bagi Anda yang mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi terutama mobil, berikut ini tips agar perjalanan jauh Anda menjadi nyaman dan aman:

1. Pastikan kondisi mobil baik


Sebelum perjalanan jauh, sangat disarankan kondisi mobil diperiksakan ke bengkel. Perlu diingat bahwa kerusakan selama perjalanan hanya karena kita tidak periksa sebelum perjalanan jauh akan menyedot energi tubuh untuk mengurusi perbaikan mobil itu.

2. Pastikan kondisi fisik seluruh anggota keluarga bugar

Karena ini perjalanan jauhm upayakan lah seluruh anggota keluarga cukup tidur dalam beberapa hari menjelang keberangkatan dan mengonsumsi makanan bergizi.

3. Makanlah 2-3 jam sebelum keberangkatan

2-3 jam sebelum keberangakatan sangat disarankan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu berlemak, manis, atau asam untuk mencegah muntah di perjalanan.

4. Mengemudi tidak lebih dari 8 jam dalam sehari
Sebaiknya memang tidak mengemudi 8 jam dalam sehari. Dan demi keselataman seluruh anggota keluarga, beristirahatlah setelah mengemudi empat jam. Saat istirahat ini lakukan senam ringan untuk mengendurkan otot-otot yang mulai tegang.

5. Duduklah dalam posisi tegak, tapi rileks

Untuk mencegah nyeri punggung selama perjalanan jauh ini, sebaiknya duduk dalam posisi tegak, tapi rileks. Posisi tubuh yang tegak akan membuat aliran darah mengalir dengan lancar dibanding duduk bungkuk yang membuat peredaran darah terganggu.

6. Konsumsi makanan ringan yang bisa memasok energi

Selama perjalanan mengonsumsi makanan ringan yang bisa memasok energi baik untuk tubuh, misalkan biskuit dan cokelat. AKan tetapi, jauh lebih baik lagi kalau kita juga mengonsumsi buah sebagai sumber vitamin yang bisa menjaga kebugaran kita. Dan jangan lupa pula untuk minum dalam jumlah cukup biar tidak dehidrasi.  (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.