Header Ads

8 Tips Irit Pergi Liburan yang Tak Menguras Isi Tabungan


JAKARTA, KalderaNews.com - Ketiadaan uang jangan jadikan sebagai alasan tidak menikmati liburan. Liburan itu sangat penting bagi pikiran dan tubuh. Liburan akan mendatang pikiran dan tubuh yang fresh. So, jangan sampai terlalu tenggelam dengan rutinitas. Pergilah berlibur!

Kalau uang tidak mencukupi, ingat kata pepatah: banyak jalan menuju Roma. Nah, biar tak terbebani dengan istilah "uang ekstra", tak ada salahnya mengikuti tips-tips liburan yang tak akan menguras isi tabungan berikut ini:

1. Liburan ala backpacker

Selainbebas melakukan eksplorasi alam, kamu juga berkesempatan bermalam di penginapan murah dan menikmati berbagai fasilitas murah meriah lainnya. Ada berbagai objek wisata gratis di dalam maupun luar negeri yang menarik untuk dikunjungi ketika liburan.

2. Naik kelas ekonomi


Jika tujuan traveling kamu jauh, tak ada salahnya memilih moda transportasi dengan kelas paling rendah. Misal naik kereta atau pesawat, pilihlah yang kelas ekonomi. Harga antara kelas ekonomi dan bisnis biasanya beda jauh lho!

3. Liburan di luar musim liburan

Biaya liburan saat musim liburan biasanya mahal dan bikin pengeluaran membengkak. Biaya tiket kereta api atau pesawat sedang high season dan jadi lebih mahal. Tak hanya itu saja, biaya penginapan dan akomodasi lainnya juga cenderung meningkat. Solusinya liburan lah saat mayoritas orang sedang sibuk bekerja sehingga bisa lebih leluasa mencari akomodasi liburan yang murah. Lebih asyi lagi, sejumlah objek wisata juga lebih sepi pengunjung dan nyaman untuk dikunjungi.

4. Hitch hike

Pernah dengan istilah ini? Hitch hike. Yup, ikut kendaraan orang lain bisa jadi cara paling murah untuk mencapai suatu tempat. Hal ini sering dilakukan di luar negeri. Nah kalau di Indonesia hal ini memang jarang dilakukan, namun bukan artinya tidak bisa. Banyak pendaki gunung yang sering menebeng mobil pengangkut sayur untuk menuju pos pendakian di berbagai gunung di Indonesia. Syaratnya, jangan menumpang saat hanya sendirian.

5.  Menginap di rumah teman atau saudara
Tak ada salahnya mencari tahu apakah ada saudara atau teman yang tinggal di destinasi tujuan wisata Anda. Carilah dari jauh-jauh hari sehingga masih bisa mengobrol dan memberitahu mereka jika ingin menginap selama beberapa hari. Dengan menginap berarti setidaknya sudah bisa menghemat uang penginapan. Tapi, bantu-bantu dan jangan menginap terlalu lama ya!

6. Sering jalan kaki

Liburan irit dengan memperbanyak jalan kaki, terutama saat ingin keliling kota, selain lebih hemat, juga bakal mendapat banyak pemandangan berbeda dibanding naik kendaraan umum atau sewaan. Biar nyaman saat jalan kaki, kenakanlah sepatu atau sandal yang nyaman biar kaki tidak lecet.

7. Makan di pasar

Tak jauh dari destinasi liburan ada banyak pasar yang menjajakan menu makanan yang murah. Misalkan di Bali, ada Pasar Kuta yang menawarkan aneka makanan enak dengan harga sangat terjangkau. Pilihan ini tentu bisa menghemat banyak dibanding makan di restoran.

8. Cari objek wisata gratis

Jika mau mencari, pasti ada. Termasuk aneka objek wisata gratis. Jangan malas mencari tahu, karena bisa saja ada pantai baru yang lebih sepi dan indah, gratis tentunya. Juga, bisa saja sedang ada festival atau pameran gratis yang bisa didatangi di kota tempat kamu liburan. Buku, internet dan informasi dari penduduk setempat jadi sumber penting menemukan tempat atau acara yang sedang gratis. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini