Header Ads

Aktivis Kampus Benteng Utama Melawan Radikalisme dan Intoleransi

Narasumber “Sarasehan Pemuda Jatim dalam Rangka Menangkal Radikalisme dan Intoleransi serta Implikasi Teror terhadap Perekonomian” di Sengkaling Kuliner, Universitas Muhammadiyah Malang, Jumat, 8 Juni 2018 (KalderaNews/Ist)
MALANG, KalderaNews.com - Aliansi BEM Jawa Timur menggelar kegiatan sarasehan dan doa bersama untuk menyikapi isu radikalisme dan intoleransi yang melanda Indonesia khususnya Jawa Timur belakangan ini.

“Sarasehan Pemuda Jatim dalam Rangka Menangkal Radikalisme dan Intoleransi serta Implikasi Teror terhadap Perekonomian” berlangsung di Sengkaling Kuliner, Universitas Muhammadiyah Malang, Jumat, 8 Juni 2018.

Acara dihadiri Direktur Intelkam Polda Jawa Timur, Ketua DPD KNPI Jawa Timur, Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Malang sebagai pemateri dan sedikitnya 30 presiden mahasiswa perguruan tinggi di Jawa Timur.

“Terorisme bukan hanya kewajiban pihak aparat keamanan untuk memberantasnya, tetapi kewajiban seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu sangat penting diadakan kegiatan diskusi seperti ini, guna meningkatkan paham anti radikalisme terutama dari kalangan pemuda mahasiswa,” tandas  Kadir Intelkam Polda Jawa Timur, Teddy dalam keterangan pers yang diterima KalderaNews.

Ketua DPD KNPI Jatim sekaligus PLT Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengingatkan bahwa yang menjadi sasaran penanaman paham radikalisme saat ini adalah dari kaum terdidik, yaitu pelajar dan mahasiswa.

"Dengan adanya diskusi seperti ini akan membuat kalian sebagai pemuda Jatim menjadi semakin menghayati nilai-nilai Pancasila sehingga mampu membentengi diri dari pemikiran radikalisme dan terorisme.”

Sementara itu, Koordinator Aliansi BEM Jawa Timur Ahmad Noor Fuadi berpendapat fungsi aktivis kampus adalah benteng utama dari penanaman ideologi yang mencederai nilai-nilai Pancasila.

"Output dari kegiatan ini, aliansi BEM Jawa Timur akan menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan dalam momen penerimaan mahasiswa baru 2018 ini," pungkasnya. (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini