Header Ads

Beasiswa S1 Perfilman Kemendikbud Buka Hingga 30 Juni 2018

JAKARTA, KalderaNews.com - Bagi siswa SMA/SMK sederajat yang lulus tahun 2016, 2017 dan 2018 dan tertarik kuliah di Fakultas Film dan Televisi IKJ (FFTV-IKJ), kini memiliki peluang kuliah dengan beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Bekerjasama dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Kemendikbud menyediakan 30 kuota beasiswa terbuka yang diberinama Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman.

Selama kuliah di IKJ mahasiswa akan mempelajari keterampilan praktika, profesionalitas dan wawasan intelektual yang berkaitan dengan produksi film, program televisi dan karya fotografi serta pengembangannya. Mahasiswa juga akan diberi pembelajaran prinsip-prinsip teknis dan teori produksi film, program televisi, animasi dan karya fotografi yang disesuaikan dengan perkembangan teori, teknologi dan industri.

Persyaratan yang ditetapkan:
1. Merupakan lulusan SMA/SMK atau sederajat tahun 2016, 2017 atau 2018
2. Berusia maksimal 22 tahun saat mendaftar
3. Tidak sedang mendapatkan beasiswa atau ikatan dinas dari pihak lain
4. Menulis esai bertema "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia" sebanyak 3-4 lembar pada ukuran kertas A4
5. Memiliki bukti karya di bidang film.

Beberapa persyaratan dokumen yang harus diunggah melalui laman pendaftaran dan wajib dibawa pada saat pelaksanaan ujian yaitu:
1. Ijazah atau surat keterangan lulus dari sekolah
2. Sertifikat penghargaan di bidang film minimal tingkat kabupaten/kota
3. Fotocopy Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga
4. Transkrip nilai terakhir dan serfitikat hasil ujian nasional (SHUN)
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Umum Daerah

Pendaftaran beasiswa akan ditutup pada tanggal 30 Juni 2018. Sementara itu, selama 1 Mei - 7 Juli 2018 akan dilakukan seleksi administrasi, pada 21 Juli 2018 pengumuman peserta yang lulus seleksi, 28 Juli 2018 seleksi tertulis dan wawancara dan 6 Agustus 2018 pengumuman penerima beasiswa.

Seluruh proses pendaftaran dan seleksi administrasi tidak dipungut biaya. Akan tetapi, biaya akomodasi dan transformasi saat ujian tertulis dan wawancara menjadi tanggungjawab masing-masing calon peserta.

Nah jika tertarik kuliah di bidang perfilman dengan beasiswa ini, silakan melakukan registrasi secara online di website resmi KLIK: Beasiswa Kuliah di IKJ atau Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman Kemendikbud. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.