Header Ads

Rendam dalam Beras, Tips Saat Smartphone Kemasukan Air




JAKARTA, KalderaNews.com - Saat smartphone kita jatuh ke air, kena hujan atau terendam air, banyak dari kita panik karena berpikir rusak alias tidak berfungsi normal. Jangan seperti itu lagi. Tak perlu panik atau khawatir yang terlalu lebay. Cara-cara berikut ini bisa menjadikan smartphonemu berfungsi normal kembali, meski telah terendam air:

1. Matikan Smartphone


Begitu tahu smartphone kamu terendam atau kemasukan air, segera matikan dengan menekan tombol power, lepaskan baterai smartphone kamu dan segala komponennya seperti kartu memori dan kartu sim. Langkah pertama ini harus "segera" dilakukan karena dikhawatirkan smartphonemu akan mengalami konslet. Setelah itu, jangan buru-buru untuk menyalakannya karena ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan lagi.

2. Buka Casing

Langkah selanjutnya yaitu membuka casing smartphone agar bisa membuka semua aliran udara tanpa membuka semua komponen yang ada di dalamnya. Pada saat ini kamu diperbolehkan menggoyangkan smartphonmu secara perlahan agar air yang ada di dalam bisa keluar. Lakukan langkah ini dengan benar. Jika kasar atau tidak benar maka air justru masuk ke bagian lebih dalam dan membuat smartphonemu jadi makin rusak.

3. Gunakan Kain Penyerap Air

Selanjutnya serap lah air di smartphone kamu dengan kain yang dapat menyerap air dengan baik. Tempelkan kain ke bagian yang basah agar air dapat terserap. Satu hal yang perlu dihindari yaitu menggosok smartphone ketika mengeringkannya karena hal itu dapat mengakibatkan air menyebar ke mana-mana.

4. Rendam dalam Beras

Cara ini memang agak aneh dan lucu. Tetapi cara yang satu ini terbukti ambuh dapat menghilangkan air yang masuk di smartphone kamu. Caranya yaitu merendam smartphone di dalam gelas selama 1 hari 1 malam. Namun sebelum itu lepaslah semua komponen yang ada di smartphone seperti baterai, sd card dan kartu memori.

5. Bawa ke Tukang Service

Langkah terakhir yang bisa lakukan ketika cara di atas tidak ada yang sukses adalah dengan membawanya ke tukang servis semartphone. Namun kamu juga harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit untuk membuat smartphonep kembali berfungsi normal. (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Header Ads1

Header Ads1

Diberdayakan oleh Blogger.
Iklan Pop Pup taruh di sini