Header Ads

Beasiswa S2 ke University of Groningen Tutup 1 Desember 2018


JAKARTA, KalderaNews.com - Bagi kamu yang ingin kuliah S2 di University of Groningen (Rijksuniversiteit Groningen atau RUG) di Belanda, ada tawaran beasiswa full bernama Eric Bleumink Fund (EBF) Scholarahip.

Beasiswa penuh ini mencakup uang kuliah (tuition fee), biaya perjalanan internasional, tunjangan biaya hidup, tunjangan buku dan asuransi kesehatan. 

Adapun persyaratan umum untuk menggondol beasiswa ini yaitu sudah diterima dengan syarat (conditional admission) pada program studi yang dipilih, memiliki prestasi akademis yang bagus, lancar berbahasa Inggris dan tidak sedang menerima beasiswa yang lain.

Ada puluhan program studi yang bisa dipilih di perguruan tinggi yang termasuk dalam 100 universitas terbaik ini. Didirikan pada 1614 silam, RUG merupakan universitas tertua ke-2 dan terbesar ke-3 di Belanda.

Universitas Groningen menikmati reputasi sebagai salah satu universitas riset yang terkemuka di Eropa. Terletak di bagian utara Belanda, Groningen adalah kota pendidikan yang ideal, aman, dengan kehidupan mahasiswa yang berkembang dan beragam kegiatan sosial dan budaya. 


Berikut ini mekanisme umum untuk mendapatkan Beasiswa EBF.

1)      Mendaftar di salah satu program di RUG. Pendaftaran universitas di Belanda dilakukan melalui portal terpadu bernama Studielink. Sila baca prosedur lengkap di salah satu laman website RUG.

2)      Dalam aplikasi ke salah satu program tersebut, sebutkan bahwa kita ingin mengajukan untuk mendapatkan EBF Scholarship (ada opsinya di dalam online application form).

3)      Setelah mendapatkan (unconditional) Letter of Acceptance, kita harus mengonfirmasi usulan kita untuk mendapatkan EBF Scholarship. Kemudian kita akan diminta untuk mengirimkan motivation letter lagi dengan poin-poin spesifik yang diminta pihak EBF, biasanya menitikberatkan pada rencana karir dan kolaborasi yang akan dilakukan dengan RUG di masa mendatang (berbeda dengan motivation letter saat mendaftar sebelumnya).

4)      Pihak fakultas akan menyeleksi pendaftar EBF yang masuk. Hanya dua orang yang akan diajukan dari setiap program studi kepada EBF Board.

5)      EBF Board menyeleksi pendaftar yang masuk kemudian mengumumkannya melalui email.

Pendaftaran ke paling lambat tanggal 1 Desember 2018. Nah, jika tertarik dengan beasiswa ini, silakan: KLIK: Situs Resmi University of Groningen. (NS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.