Header Ads

Begini Trik Banyuwangi Gaet Wisatawan Amerika

Indonesia Tourism Trade Show di Chicago tanggal 5 Juli 2018 (KalderaNews/KJRI Chicago)
CHICAGO, KalderaNews.com - Indonesia memiliki beragam destinasi pariwisata yang menarik bagi publik Amerika Serikat. Selain destinasi popular seperti Bali, kini telah muncul berbagai destinasi unggulan lainnya, seperti Banyuwangi, sebuah kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kinipun gencar berupaya memperkenalkan destinasi wisatanya yang menawarkan keunikan tersendiri.

“Banyuwangi memiliki keindahan alam yang masih asri dan keunikan budaya yang kami yakin dapat menarik para pelancong dari AS,” jelas Bupati Abdullah Azwar Anas dalam kegiatan Indonesia Tourism Trade Show di Chicago tanggal 5 Juli 2018.

"Untuk itu saya siap mendukung kegiatan farmtrip yang diinisiasi oleh KJRI Chicago bekerjasama dengan American Society of Travel Agents (ASTA) Midwest," tambahnya.

Dalam kegiatan yang disponsori oleh Direktorat Amerika I, Kementerian Luar Negeri RI, Bupati Anas menjajakan beragam destinasi di hadapan lebih dari 80 orang pelaku bisnis wisata anggota ASTA Midwest. Di hadapan mereka, Bupati Anas menjelaskan pengembangan sektor wisata Banyuwangi dengan pendekatan yang melibatkan berbagai komunitas lokal dalam mengemas festival seni-budaya dan penciptaan destinasi wisata baru.

“Kami inginkan adanya rasa memiliki yang konstruktif dari masyarakat terhadap sektor pariwisata di daerahnya,” jelasnya.

KJRI Chicago dalam keterangan persnya pada KalderaNews menyampaikan bahwa upaya Pemkab Banyuwangi mempromosikan potensi daerah didukung penuh oleh Kemlu RI dan KJRI Chicago yang juga sedang gencar mendorong peningkatan kunjungan wisatawan asing. Warga di wilayah kerja KJRI Chicago yang mencakup 13 negara bagian memiliki minat berwisata yang tinggi.

“Pasar bisnis wisata di wilayah kami cukup tinggi, dan keindahan alam serta keunikan budaya menjadi daya tarik kuat untuk dijual di sini,” jelas Konjen Rosmalawati Chalid.

Untuk mendukung upaya peningkatan kunjungan wisatawan ini, KJRI Chicago melakukan berbagai kegiatan promosi bekerjasama dengan pelaku bisnis lokal dan Indonesia, antara lain seperti Indonesia Tourism Trade Show dan Remarkable Indonesia Fair 2018.

Selain Pemkab Banyuwangi dan ASTA, acara ini juga melibatkan pelaku industri wisata dari Indonesia, seperti Trip Advisor Indonesia (Jakarta), Gardi Tour (Jakarta) dan Voyage2paradise dari Dallas, Texas, AS, serta mempromosikan 2 pelaku fashion batik dari Indonesia, yakni Batik Jelita dan More to See.

“Dari kegiatan ini, diharapkan terbuka komunikasi dan kerjasama di antara agen wisata dan dengan Pemerintah Daerah di Indonesia dalam mendatangkan wisatawan ke Indonesia,” jelas Konjen Chalid.

Suguhan peyek kacang, kue sus dan pastel habis dinikmati oleh para pengunjung yang terpesona dengan penampilan tari gandrung, tari jaripa, tari pendet, musik keroncong dan gamelan bali.

Selain kegiatan ini, Pemkab Banyuwangi akan berpartisipasi dalam event tahunan KJRI Chicago, Remarkable Indonesia Fair yang akan dilaksanakan di Navy Pier Chicago pada tanggal 7 Juli 2018. Bekerjasama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Indonesian Diaspora Network (IDN) AS, kegiatan ini merupakan ajang promosi terintegrasi yang menampilkan beragam komoditas unggulan dan kesenian tradisional Indonesia.  (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.