Header Ads

BPK PENABUR Jakarta "Rumah Besar" Keberagaman

Ketua BPK PENABUR Jakarta, Adri Lazuardi (KalderaNews/JS de Britto)
JAKARTA, KalderaNews.com - BPK PENABUR memperingati ulang tahunnya yang ke-68 tepat pada Kamis, 19 Juli 2018. Pada hari yang istimewa ini BPK PENABUR ingin berbagi semangat "Keberagaman adalah Kekuatan" yang sekaligus menjadi tema besar peringatan 68 Tahun BPK PENABUR berkarya di Indonesia.

Ketua BPK PENABUR Jakarta, Adri Lazuardi menegaskan keberagaman itu adalah kekuatan yang membuat lembaga pendidikan ini berkembang dan menjadi yang terbaik sampai hari ini. BPK PENABUR Jakarta yang menjadi bagian dari BPK PENABUR hadir dan menghidupi keberagaman melalui 80 sekolah yang tersebar di 26 kompleks di wilayah Jabodetabek dan dipercaya untuk mendidik 32.068 peserta didik dengan keseluruhan jumlah karyawan 2.994 orang.

Keberagaman digambarkan pada berbagai kecerdasan, talenta, prestasi hingga suku dan budaya, namun semua berjalan harmonis menuju satu visi yaitu menjadi unggul dalam Iman, llmu dan Pelayanan. BPK PENABUR Jakarta pun menjadi "rumah besar" dimana peserta didik dapat menuntut ilmu dengan maksimal, dan segenap karyawan dapat melayani dan mengaktualisasikan dirinya dalam keberagaman.

"Sinergi, kebersamaan, soliditas harus menjadi kekuatan keluarga besar BPK PENABUR Jakarta," tegas Ketua BPK PENABUR Jakarta, Adri Lazuardi.


BACA JUGA:
Adri Lazuardi: Tujuan Pendidikan Bukan Mengeluarkan Anak dari Sekolah
Salut, Ini Cara SMAK 5 Penabur Jakarta Memaknai Pluralisme
Siswa PENABUR Secondary KG Tak Seperti "Katak dalam Tempurung"

Ia pun menegaskan BPK PENABUR Jakarta akan terus berkomitmen untuk menjadi lebih baik. Sertifikasi ISO 9001:2015 yang diraih BPK PENABUR Jakarta merupakan wujud penyelenggaraan pendidikan dengan standar manajemen yang diakui dunia internasional.

Penghargaan akan diberikan kepada peserta didik yang berprestasi, begitu pula halnya bagi karyawan yang telah memberikan pengabdian tinggi di BPK PENABUR Jakarta. Lembaga pendidikan ini memiliki banyak pribadi yang terbeban dan bermotivasi tinggi serta mendedikasikan dirinya untuk perkembangan generasi muda sejak lama.

BPK PENABUR Jakarta juga senantiasa mendukung pemerintah untuk mencerdaskan Bangsa Indonesia, imbuhnya, melalui pengajaran dengan metode pendidikan yang berkualitas dan sumber daya manusia yang berkualitas dalam penyelenggaraannya.

Adalah anugerah Tuhan yang luar biasa di mana BPK PENABUR dipercaya untuk mendidik peserta didik hingga saat ini dengan keberagaman yang ada di dalamnya, sehingga bertumbuh menjadi lembaga pendidikan yang diperhitungkan baik di Indonesia maupun di kancah internasional.



Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta, Elika Dwi Murwani (KalderaNews/JS de Britto)
Hal senada disampaikan Deputi Direktur Pelaksana BPK PENABUR Jakarta, Elika Dwi Murwani saat dihubungi KalderaNews via jaringan telepon pada Rabu, 11 Juli 2018. Menurutnya, keberagaman itu sebuah keniscayaan di bumi tercinta Indonesia ini. Tak hanya dalam lingkup luas, dalam lingkup BPK PENABUR sebagai lembaga pendidikan, keberagaman, kebhinnekaan dan pluralisme itu nyata. Anak-anak dan karyawan hadir dalam talenta, suku dan budaya yang berbeda.

Meski akhir-akhir ini semangat keberagaman menjadi tantangan tersendiri karena sedikit tergerus dengan kehadiran kelompok-kelompok kecil yang anti-pluralisme dan santer menebar "ketakutan",  terangnya, bagaimanan pun juga keberagaman memiliki kekuatan besar bila bisa disinergikan seperti yang ada di BPK PENABUR Jakarta.

"Kalau kita ini beda, apa mesti berantem, ya. Kami mendidik anak dengan latar belakang kemampuan, suku, dan budaya yang berbeda-beda karena kami ingin melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang mampu mempersatukan keberagaman dan membangun Indonesia sesuai dengan profil BEST (Red. Be tough, Excel world wide, Share with society dan Trust in God). Kami ingin profil lulusan yang BEST," tandasnya.

Nah, untuk memaknai semangat keberagaman ini, acara peringatan akan diadakan secara sederhana namun memiliki nilai spiritualitas yang tinggi melalui kebaktian yang diselenggarakan serentak di semua sekolah dan kebaktian dengan liturgi khusus di seluruh Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jawa Barat yang ada di Jakarta dan Bandung pada akhir Juli nanti.

"Intinya adalah bagaimana mempersatukan guru, siswa, karyawan dan gereja dalam momentum bersejarah tersebut," jelas Adri Lazuardi.


BACA JUGA:
Fespas Penabur 2017 Jadi Inspirasi dan Barometer Festival Kancah Dunia 
Sekolah Penabur Bukan Hanya untuk Orang Kaya Saja
Sekolah di Jakarta dengan Segudang Prestasi di Olimpiade Sains Nasional 2018

Selain itu, rangkaian peringatan ini juga akan disemarakkan dengan kegiatan edukasi kebangsaan yang akan diselenggarakan di SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama) SMAK PENABUR Kelapa Gading pada 11 Agustus 2018 bertajuk #SayaMerahPutih oleh 1.000 peserta didik.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Rl ini juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada ribuan siswa dan alumni yang hadir bagaimana mencintai negeri ini dengan berbagai keberagaman, karena nantinya mereka menjadi generasi muda yang mempersatukan NKRI.

Tak hanya para siswa dengan latar belakang talenta dan prestasi yang beragam, acara ini juga akan dihadiri para alumni. BPK PENABUR Jakarta ingin mengajak alumni yang tak sedikit berada di luar negeri untuk mau juga membangun negeri tercinta Indonesia ini dalam keberagaman, entah melalui sumbang sih kemampuan maupun pemikiran. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.