Header Ads

Inilah 10 Universitas Terbaik di Asia Versi QS World University

Nanyang Technological University (NTU)
JAKARTA, KalderaNews.com - Selain merilis daftar universitas terbaik di dunia pada 2018/2019, QS World Univerisity Ranking juga merilis 10 universitas terbaik di kawasan Asia. Sayangnya, untuk di lingkup Asia ini, tak satu pun universitas dari Indonesia masuk dalam daftar ini. Setidaknya, ada 450 universitas Asia yang masuk dalam pemeringkatan ini.

QS World Univerisity Ranking menggunakan 6 indikator penting dalam pemeringkatan mulai dari reputasi akademik, reputasi lulusan, rasio fakultas dan mahasiswa, kutipan jurnal ilmiah hingga fakultas internasional dan mahasiswa Internasional.

BACA JUGA:

Inilah 10 Universitas Terbaik di Dunia Versi QS World University
Inilah 10 Universitas Terbaik di Kawasan ASEAN Versi QS World University
Inilah 9 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World University

Penasaran dengan 10 universitas terbaik versi QS World Univerisity Ranking di Asia:

1. Nanyang Technological University (NTU)
NTU menggantikan posisi National University of Singapore dan menyandang peringkat tertinggi di Singapura dan Asia.

2. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore (NUS) turun satu peringkat kedua di Asia, namun tetap menerima nilai tertinggi di seluruh indikator reputasi lulusannya dan hanya tertinggal satu tempat di belakang NTU.

3. The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)
HKUST naik satu peringkat tahun ini. Hong Kong Universitas Sains dan Teknologi (HKUST) adalah salah satu universitas top termuda di Asia dalam daftar ini, yang didirikan pada tahun 1991.

4. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)
KAIST naik dua peringkat tahun ini. Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) didirikan pada 1971 sebagai universitas yang berorientasi sains dan penelitian rekayasa pertama di Korea Selatan.

5. University of Hong Kong (HKU)
HKU turun tiga peringkat ke peringkat 5 di Asia tahun ini. HKU tetap konsisten sebagai salah satu universitas terbaik di Asia. HKU adalah universitas tertua di Hong Kong yang telah didirikan pada tahun 1911.

6. Tsinghua University
Tsinghua University turun satu peringkat dalam ranking Asia tahun ini, namun tetap menjadi universitas dengan peringkat tertinggi di Cina. Tsinghua University didirikan tahun 1911, bertempat di ibukota Cina, Beijing dan merupakan universitas bergengsi di Cina.

7. Fudan University
Fudan University juga berlokasi di Cina. Fudan University naik empat peringkat di peringkat Asia pada 2018 mengalahkan Peking University. Didirikan tahun 1905 sebagai Sekolah Umum Fudan, Fudan terletak di Shanghai, dan dianggap sebagai salah satu universitas Cina yang paling selektif.

8. City University of Hong Kong
City University of Hongkong adalah universitas muda yang berkembang pesat. Didirikan pada 1984 sebagai City Polytechnic of Hong Kong.

9. Peking University
Peking University mempertahankan posisi selalu masuk dalam 10 terbaik Asia selama 9 tahun terakhir. Peking University didirikan pada tahun 1898 di Beijing. Peking University selalu diperhitungkan sebagai universitas bergengsi  dan juga terkenal dengan arsitektur tradisional Cina yang indah di halaman kampusnya.

10. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)
Chinese University of Hong Kong (CUHK) turun dua tempat ke peringkat 10 tahun ini. CUHK mendapat skor tertinggi untuk mahasiswa internasional dan reputasi akademik. Didirikan pada tahun 1963 CUHK menawarkan berbagai macam prodi yang sebagian besar diajarkan dalam bahasa Inggris. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.