Header Ads

Jokowi Undang Kim Jong Un Hadiri Pembukaan Asian Games di Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani selaku utusan khusus Presiden RI menyerahkan undangan untuk Presiden Korea Utara Kim Jong Un pada Presiden Presidium Majelis Agung, Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), Kim Yong Nam di Mansundae Assembly Hall, Pyongyang, Senin, 30 Juli 2018 (KalderaNews/KBRI Pyongyang)
PYONGYANG, KalderaNews.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani selaku utusan khusus Presiden RI telah mengadakan kunjungan kehormatan kepada Presiden Presidium Majelis Agung, Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), Kim Yong Nam di Mansundae Assembly Hall, Pyongyang, Senin, 30 Juli 2018.

PF Polekon KBRI Pyongyang, Darusman Afrikoko  pada KalderaNews menyampaikan bahwa kunjungan Menko PMK ke Korea Utara adalah untuk menyampaikan surat undangan dari  Presiden RI Joko Widodo kepada Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un untuk menghadiri acara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

Pada pertemuan tersebut Menko PMK menyatakan bahwa Asian Games dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempererat persahabatan dan perdamaian, termasuk upaya perdamaian di Semenanjung Korea. Ditambahkannya, pemerintah RI menyambut baik rencana kedua Korea untuk membentuk tim bersama dalam cabang olahraga di Asian Games 2018,  yaitu bola basket putri, kano dan dayung.

Menko PMK juga mengutarakan maksud lain dari kunjungannya ke Korea Utara, yaitu untuk memperkuat hubungan persahabatan RI-Korea Utara mengingat kedua bangsa miliki hubungan sejarah yang panjang dan khusus.  Hubungan persahabatan kedua bangsa dibangun oleh Bapak Bangsa Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung. Hubungan tersebut terus dibina dan dikembangkan oleh generasi penerus hingga saat ini.

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK menyampaikan selamat kepada pemerintah dan rakyat Korea Utara atas peringatan 70 tahun berdirinya negara Korea Utara pada 9 September 2018.

Dalam tanggapannya, Presiden Presidium Kim Yong Nam menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Joko Widodo atas undangan tersebut dan akan segera menyampaikannya kepada Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un.

Kim Yong Nam secara khusus menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia dalam mendukung upaya perdamaian di Semenanjung Korea. Pada pertemuan tersebut Menko PMK memberikan kepada Presiden Presidium tiga maskot Asian Games: Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

Diketahui, Korea Utara dan Korea Selatan merupakan dua di antara 45 negara peserta Asian Games 2018. Sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Panmunjom, kedua Korea akan bertanding dalam beberapa cabang olahraga sebagai satu tim Korea dan berbaris bersama di bawah bendera unifikasi pada upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.