Header Ads

Networking Day Jadi Ajang Anak Muda Lahirkan Ide Industri Kreatif

 
Denica Flesch dan Leonard Theosabrata di ajang Networking Day Jakarta (KalderaNews/Ist)
JAKARTA, KalderaNews.com
- Sebagai agen perubahan, anak muda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu mengentaskan permasalahan sosial-ekonomi dengan pendekatan kreatif. Kegiatan Networking Day yang merupakan rangkaian program dan gerakan wirausaha sosial Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu dilaksanakan bagi anak muda Jakarta untuk menciptakan ide kreatif, mewujudkan gagasan dan mengembangkan jejaring kerja, serta membangun kerjasama (ko-kreasi).

Hadir dalam kegiatan ini, Leonard yang juga merupakan mentor program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu, membekali generasi muda untuk dapat mempertahankan sebuah merek (selfmade) dan berbagi motivasinya mendirikan Indoestri Makerspace bersama Denica Flesch, Founder SukkhaCitta yang bergelut dalam industri tekstil Indonesia melalui produksi batik tulis dengan memberdayakan pengrajin lokal di beberapa desa di Jawa.

Dihadiri oleh puluhan anak muda yang bersemangat untuk mewujudkan usaha kreatif yang berdampak positif, kegiatan Networking Day menjadi ajang berbagi ilmu pengetahuan, pencarian inovasi, dan membuka peluang untuk berkolaborasi serta belajar satu sama lain. Kegiatan serupa telah dilaksanakan di Bandung bersama mentor program Iwet Ramadan, Co-founder JKTCreative, dan Titin Agustina, Founder Kraviti, serta di Yogyakarta bersama mentor program Helga Angelina, Founder Burgreens dan Andhika Mahardika dan Asri Saraswati, Founder Agradaya.

Group Brand Manager PT Santos Jaya Abadi, Johnway Suwarsono, mengatakan, “Antusiasme anak muda Bandung dan Yogyakarta dalam kegiatan Networking Day minggu lalu menjadi bukti bahwa generasi muda Indonesia menyimpan banyak potensi luar biasa yang membutuhkan wadah yang tepat.  Kegiatan Networking Day hadir sebagai wadah bagi anak muda untuk mengembangkan kapasitas pengetahuan, akses pada berbagai sumberdaya dan jejaring, serta dukungan dari ekosistem sosial yang diharapkan dapat membantu pengembangan produk dan jasa yang dibuat. Sejalan dengan komitmen Kapal Api untuk mendukung pertumbuhan sociopreneurship di Indonesia, kami pun sekarang ingin menggali potensi anak muda Jakarta dan mengajak mereka untuk membuat nyata tujuannya dalam menciptakan sebuah usaha sosial yang berdampak.”

Setelah Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta, Networking Day akan berlangsung di Semarang – 12 Juli (Azalea Ayuningtyas, Co-founders Du'Anyam dan Deasy Esterina, Founder Kreskros); Surabaya – 16 Juli (Melia Winata, Co-founders Du'Anyam dan Vania Santoso, Founder HeyStartic); dan Malang – 19 Juli (Leonard Theosabrata, Founder Indoestri Makerspace beserta Nur Cholidah dan Noor Fadillah, Founder House of Diamonds).

Didukung oleh sociopreneur Indonesia yang telah sukses di bidangnya, rangkaian program dan gerakan wirausaha sosial Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu akan berlangsung hingga Februari 2019. Pendaftaran dibuka secara online di situs resmi secangkir semangat sampai dengan 30 September 2018 bagi seluruh muda mudi Indonesia berusia 20-35 tahun yang tergugah untuk menciptakan sebuah usaha sosial yang memberikan berdampak positif. 

“Sejak pendaftaran program dibuka 1 Juni 2018 lalu, sudah ada 487 proposal wirausaha sosial yang didaftarkan. Hal ini memperlihatkan antusiasme generasi muda Indonesia yang memiliki kegigihan, jiwa sosial dan peka terhadap permasalahan di lingkungannya. Melalui kehadiran program Secangkir Semangat, Kapal Api berharap anak muda dapat menciptakan solusi atas masalah ekonomi sosial yang ada.”  tutup Johnway. 

Program akan diisi dengan ragam kegiatan seperti sesi mentoring bersama sociopreneur sukses di bidangnya; sesi berbagi inspirasi di kampus-kampus terpilih; workshop keterampilan oleh para mentor; kesempatan magang di institusi mentor; sesi pameran, demonstrasi, unjuk produk dan jasa kepada konsumen/publik umum; program penggalangan dukungan publik atau kolaborator; serta kegiatan puncak program dalam bentuk konferensi sociopreneurship dan kesempatan berjejaring yang dipadu dengan hiburan. Di akhir periode program, peserta dengan nilai kompetitif terbaik akan ditetapkan sebagai pemenang dengan hibah modal usaha hingga 250 juta rupiah dan kesempatan mentoring bersama Yoris Sebastian, Founder & Creative Thinker OMG. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.