Header Ads

Sekolah di Jakarta dengan Segudang Prestasi di Olimpiade Sains Nasional 2018

Para peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat, 1-7 Juli 2018 (KalderaNews/Ist)

JAKARTA, KalderaNews.com - Provinsi DKI Jakarta mempertahankan gelar juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang diselenggarakan di Padang, Sumatra Barat, 1-7 Juli 2018. Sebanyak 19 medali emas, 24 medali perak, dan 29 medali perunggu diraihnya di gelaran tahunan bergengsi di bidang sains tersebut.

Prestasi yang diraih Provinsi DKI Jakarta di ajang ini tentu tak lepas dari pilihan yang tepat para delegasinya. Diketahui, Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Olimpiade Sains Nasional diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Pada OSN ke-17 kali ini hadir 1.433 siswa terbaik yang mewakili provinsinya masing-masing, mulai dari jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Mereka berlomba di 11 bidang yang meliputi matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, infomatika/komputer, kimia, biologi, kebumian, geografi, astronomi, dan ekonomi.

Pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 Provinsi DKI Jakarta diperkuat oleh para siswa yang mumpuni di bidangnya. Mereka berasal dari sekolah-sekolah yang berintegritas. Salah satu sekolah yang menjadi lokomotif Provinsi DKI Jakarta dalam ajang ini, sehingga sukses mempertahankan gelar juara umumnya, yakni Sekolah Penabur. Tidak tanggung-tanggung, pada ajang OSN 2018 Sekolah Penabur sukses menggondol banyak medali. 

Dari 44 Peserta didik BPK PENABUR Jakarta (7 SD, 10 SMP, 27 SMA) yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018, 1-7 Juli 2018 di Padang, Sumatra Barat, berikut ini prestasi dan capaian mereka:

1. Peserta didik jenjang SDK PENABUR Jakarta membawa pulang 1 Medali Emas (Jesreel Hasiholan Tua Sigalingging dari SDK 4 PENABUR), 2 Medali Perak (Stevenson Christopher Hudiono dari SDK 3 PENABUR dan Nicholas Carlsen Purba dari SDK 6 PENABUR) dan 1 Medali Perunggu (Justin dari SDK 2 PENABUR).



Penyambutan para peraih medali OSN 2018 SDK PENABUR Jakarta (KalderaNews/Humas PENABUR)
2. Peserta didik jenjang SMPK PENABUR Jakarta mendapat 1 Medali Emas (Edward Humianto dari SMPK 6 PENABUR), 2 Medali Perak (Sammuel Himawan dari SMPK 8 PENABUR dan Jonathan Marc Hamonangan Siborutorop dari SMPK PENABUR Bintaro Jaya) dan 3 Medali Perunggu (Kevin Jonathan Kusnomo dari SMPK 4 PENABUR, Jeremy Christstardy dari SMPK 2 PENABUR dan Mario Alvaro (SMPK 4 PENABUR).

Penyambutan para peraih medali OSN 2018 SMPK PENABUR Jakarta (KalderaNews/Humas PENABUR)
3. Peserta didik jenjang SLTAK PENABUR Jakarta berhasil menggondol 4 Medali Emas (Bennett Clement dari SMAK 1 PENABUR, Hendrikus Hansen Witarsa dari SMAK 3 PENABUR, Christopher Matthew dari SMAK PENABUR Gading Serpong dan Jessica Mark Listijo dari SMAK PENABUR Gading Serpong), 5 Medali Perak (Audrey Felicio Anwar dari SMAK 6 PENABUR, Albert Sutiono dari SMAK 1 PENABUR, Mark dari SMAK 1 PENABUR, Aldrian Jerrikodari SMAK PENABUR Gading Serpong dan Tantra Tanjaya dari SMAK 3 PENABUR) dan 7 Medali Perunggu (Leonardo Irvin Pratama dari SMAK 1 PENABUR, Fidella Widjojo dari SMAK 1 PENABUR, Yosia dari SMAK 7 PENABUR, Matthew Anderson Yasuo dari SMAK 8 PENABUR, Amelia Regina dari SMAK PENABUR Gading Serpong, Florence Yokhebed Valerie dari SMAK 8 PENABUR dan Owen Lim dari SMAK PENABUR Gading Serpong.

Penyambutan para peraih medali OSN 2018 SLTAK PENABUR Jakarta (KalderaNews/Humas PENABUR)
Pada ajang bergensi ini peserta didik jenjang SLTAK PENABUR Jakarta juga sukses mennyabet Best 1 Penelitian Ekonomi Terbaik atas nama Delfi Vijja Paramita dari SMAK 3 PENABUR Jakarta dan Best 3 Penelitian Ekonomi Terbaik atas nama Irvine Nuary Bengkeling dari SMAK PENABUR Gading Serpong.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, pun menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang medali dan juara umum dalam OSN 2018. Ia berharap agar para peserta OSN ini melanjutkan studinya tetap di bidang sains pada jenjang pendidikan berikutnya. Serta ke depan menjadikan sains sebagai pilihan hidupnya.

“Kelak 30 tahun atau 40 tahun yang akan datang akan muncul ilmuwan-ilmuwan yang berasal dari OSN ini,” ujar Muhadjir saat memberikan sambutan dalam acara Penutupan Olimpiade Sains Nasional 2018. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.