Header Ads

Sensasi Cave Tubing di Goa Pindul dan Sungai Oyo di Gunungkidul

Wisatawan lokal menikmati cave tubing di Sungai Oyo (KalderaNews/Natalia S)
GUNUNG KIDUL, KalderaNews.com - Goa Pindul adalah wisata alam berupa goa yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi tersebut dapat ditempuh kurang lebih 2,5 jam dari Muntilan, 1,5 jam dari Yogyakarta. Wisata alam yang diresmikan pada 10 Oktober 2010 ini merupakan wisata alam unik dan ekstrem yang siap menguji adrenaline setiap pengunjung.

Tidak hanya unik dan ekstrim, pengunjung juga akan di hadapkan langsung oleh keindahan alam yang begitu indah dan kesegaran air yang begitu jernih. Keunikan dari wisata alam ini adalah dilihat dari cara menikmatinya, yaitu dengan menyusuri Goa Pindul dan sungai-sungai yang terdapat di sekitar tempat itu dengan menaiki ban pelampung di atas aliran air dalam gua atau istilah kerennya cave tubing.

Tiket masuk ke lokasi sekitar wisata alam tersebut cukup membayar 10.000. Setelah membayar tiket tersebut pengunjung akan dihadapakan oleh stan-stan yang khusus menangani pengunjung wisata alam Goa Pindul. Untuk pemula alangkah baiknya kalau lebih berhati-hati untuk memilih stan pembayaran tiket masuk ke wisata tersebut, karena terdapat banyak stan yang menyediakan perlengkapan untuk ke wisata gua pindul. Harga yang ditawarkan setiap stannya berbeda-beda, tergantung dari jarak stan ke gua pindulnya. Semakin jauh dari lokasi wisata alam gua makin tinggi harga yang ditawarkan.

Kejernihan air di Sungai Oyo (KalderaNews/Natalia S)

Setelah pengunjung memilih dan masuk ke stan, pengunjung akan dijelakan terlebih dahulu tentang harga tiket ke Goa Pindul dan sistem yang digunakan untuk dapat mengunjungi dan menikmati wisata Goa Pindul, diantaranya sistem yang digunakan wisata alam ini dibagi per paket, yaitu paket A untuk 2 macam sungai, paket B untuk 3 sungai dan paket C untuk 4 sungai.

Harga yang ditawarkan untuk bisa menikmati keindahan di wisata ini cukup mengorek kantong, untuk paket A, setiap pengunjung akan dikenakan harga minimal 130.000 sampai 250.000 perorang tergantung paket mana yang akan diambil. Semakin tinggi paket yang diambil akan semakin tinggi juga harga yang harus dibayarkan.

Bersiap cave tubing menyusuri Goa Pindul (KalderaNews/Natalia S)
Setelah itu pengunjung akan diberi tahu siapa pendamping yang akan mendampingi selama menyusuri wisata gua pindul. Lalu untuk selanjutnya, pengunjung bersama pendamping mempersiapkan alat yang harus dikenakan selama menyusuri Goa Pindul, diantaranya baju pelampung, dan banyak pelampung. So, bagi pengunjung yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena masih tetap bisa menikmati wisata Goa Pindul ini. Selain perlengkapan yang lengkap dan nyaman, ada pendamping yang akan selalu menemani dan mengawasi para pengunjung, bahkan ikut terlibat langsung ke lokasi wisata Gua Pindul.

Tempat pertama yang dikunjungi pastinya menyusuri Goa Pindul, yang dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua. Untuk dapat sampai ke bagian akhir gua, pengunjung tidak boleh lepas dari teman yang satu dengan yang lainnya. Setiap pengunjung harus berpegangan tangan atau terikat tali yang sudah dikaitkan antara ban pelampung satu dengan yang lainnya.

Wisatawan lokal memasuki Goa Pindul (KalderaNews/Natalia S)
Cara melewatinya juga tidak secara horisontal, namun secara vertikal, hanya bisa lewat satu persatu ban pelampung. Tingkat kedalaman sungai dan kegelapan dalam gua pun tidak sama. Terdapat 3 bagian di antaranya: bagian pertama disebut terang dengan kedalaman 6 meter, bagian kedua remang dengan kedalaman 10 meter, bagian ketiga gelap abadi yang dalamnya lebih dari 12 meter.

Panjang Goa Pindul itu sendiri 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter. Aliran sungai yang berada di dalam Goa Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Penelusuran Gua Pindul memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah dam. Sesampainya di dam tersebut, para pengunjung bebas dan diperbolehkan untuk berenang sepuasnya.

Pemandangan alam sekitar Sungai Oyo (KalderaNews/Natalia S)
Setelah puas bermain air di gua pindul, pengunjung akan dipandu ke lokasi berikutnya, yaitu Sungai Oyo. Sedikit berbeda dengan yang di Goa Pindul, di Sungai Oyo ini pengunjung akan dihadapkan oleh keindahan alam sekitar. Untuk panjang Sungai Oyo ini sendiri 1500m dengan durasi 1 – 2 jam untuk bisa mengarungi sungai sampai finishnya. Sedangkan untuk kedalaman Sungai Oyo ini 7-11 Meter
        
Selama menyusuri Sungai Oyo ini, pengunjung diperbolehkan untuk berenang sepuasnyam karena aliran airnya tidak begitu deras. Selama menyusuri Sungai Oyo, pengunjung akan disajikan keindahan tebing-tebing yang terdapat di kiri kanan Sungai Oyo dan keindahan air terjun yang semakin menambah indah dan ademnya suasana di Sungai Oyo.

Bagi kalian yang suka dengan hal- hal yang baru sekaligus menantang, tak ada salahnya datang ke Wisata Alam Goa Pindul. Dijamin gak bakal nyesel! (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.