Header Ads

Yuk, Berkenalan dengan Komunitas Literasi Magelang Cerita (MGC)

Komunitas Magelang Cerita (MGC)tiba di Rumah Baca Komunitas Merapi di Dusun Gemer, Ngargomulyo, Dukung, Magelang (KalderaNews/Loyola Kukuh)
MAGELANG, KalderaNews.com - Jangan berprasangka buruk kalau anak-anak milenial itu tidak memiliki kepedulian dengan yang namanya gerakan literasi. Tengok saja anak-anak milenial di Magelang yang tergabung dalam Magelang Cerita (MGC) ini.

Sekelompok anak-anak milenial yang masih duduk di bangku SMA ini ternyata memiliki kepedulian di dunia literasi. Magelang Cerita (MGC) adalah sebuah komunitas yang bergerak pada beberapa bidang dengan singkatan LESS (Literasi Edukasi Sosial Seni). Komunitas ini berdiri sejak tanggal 19 Februari 2018.

Baru-baru ini mereka melakukan kegiatan edukatif di Rumah Baca Komunitas Merapi (RBKM) yang terletak di lereng Gunung Merapi. Mereka mengedukasi anak-anak petani dengan dongeng, cerita, permainan dan bantuan bacaan bermutu.


Salah satu anggota komunitas Magelang Cerita (MGC) mendongeng di Rumah Baca Komunitas Merapi (RBKM) yang terletak di lereng Gunung Merapi (KalderaNews/Loyola Kukuh)
Komunitas literasi yang diketuai Naura Normalita Afrianti ini memiliki visi menjadikan MGC sebagai wadah untuk berkreasi, melestarikan dunia literasi, menjadikan wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan menjadikan wadah tempat membina kepemimpinan dan jiwa sosial.

"Misi MGC yaitu membentuk beberapa komunitas divisi dan bekerja sama dengan beberapa komunitas lain sesuai bidangnya. Berhubung MGC merupakan komunitas baru, jadi event yang sudah terlaksana baru donasi buku bersama RBKM. Untuk selanjutnya MGC akan mengadakan event menulis antologi bersama dengan latar belakang 'Magelang'," tegas saya Koordinator Acara MGC, Citra Kartika Yusuf pada KalderaNews.


Komunitas Magelang Cerita (MGC) berpose bersama pengelola dan anak-anak di Rumah Baca Komunitas Merapi (RBKM) di lereng Gunung Merapi (KalderaNews/Loyola Kukuh)
"Pastinya (kami-red) sangat berterimakasih pada RBKM karena sudah memberi kesempatan pada MGC untuk berkunjung. Sangat senang sekali bisa berinteraksi langsung dengan anak-anak disana. Kita juga mendapat ilmu yang jarang didapat di tempat lain," imbuh pelajar yang masih sekolah di SMAN 1 Kota Mungkid, Magelang ini.

Ia menjelaskan saat ini MGC beranggotakan sekitar 30-an pelajar SMA di Magelang yang terbagi dalam 2 divisi yaitu MGC Donasi dan MGC Menulis. Mereka ini sering berkumpul di Kompleks Masjid Al Muawanah RT 01 RW 03 Japunan, Mertoyudan, Magelang untuk berkomunitas dan beraktualisasi diri. (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.