Header Ads

6 Penyebab Smartphone Kamu Lemot Alias Lelet

JAKARTA, KalderaNews.com - Bete dan gregetan saat smartphone yang kamu punya tiba-tiba lemot. Eit..jangan buru-buru dijual atau dikasih ke orang laing. Bisa jadi smartphone kamu itu lemot setelah sekian lama dipakai karena beberapa penyebab yang selama ini nggak kamu perhatikan. Berikut ini 4 penyebab smartphone kamu lelet alias lemot setelah dipakai cukup lama:

1. Terlalu banyak aplikasi
Ayo cek aplikasinya banyak kagak. Pasalnya nih, terlalu banyak aplikasi yang didownload tentu saja membuat beban kerja smartphone kamu berat dengan begitu logis dong performa dari smartphone kamu menurun. Oleh sebab itu, baik juga mulai bersih-bersih aplikasi yang sekiranya nggak kepakai. Untuk itu perlu tahu prioritas untuk aplikasi-aplikasi di smartphone kamu dong. Makanya, kalau mau mendownload aplikasi smartphone, elok rasanya cek terlebih dahulu sisa dari internal memori yang tersedia smartphonemu. Kalau sisanya tinggal dikit, tentu saja performa smartphone menurun.

2. Gak memperbaharui aplikasi
Aplikasi yang nggak kadaluarsa alias nggak update tentu saja bakal membuat kinerja smartphonemu menurun. Sering mengecek aplikasi-aplikasi di Play Store apakah aplikasi tersebut perlu diperbaharui atau tidak adalah langkah yang paling bijak. Bagaimana pun, yang namanya aplikasi lama dan tidak pernah diperbaharui bikin lelet dan bisa-bisa malah stag alias macet saat dioperasikan.

3. Memori dipenuhi foto dan video
Saking percaya dirinya dengan memori smartphone yang gede, tak tahunya sudah sangat limit karena sudah terisi foto-foto dan video entah hasil karya diri sendiri atau kiriman melalui group-group media sosial, seperti whatsapp, facebook, IG yang terkadang otomatis tersimpan dalam memori internal. Solusinya jelas yakni hapus foto dan video-video yang nggak diperlukan. Kalau memang foto dan video itu sangat dibutuhkan, tak ada salahnya disimpan di laptop atau harddisk external.

4. Malas hapus pesan masuk
Yang keempat ini kerap disepelekan. Tanpa sadar pesan masuk yang kamu terima, entah sms maupun melalui sarana komunikasi lainnya, telah menumpuk sehingga bikin lelet smartphone. Nah, biar performanya maksimal, rajin-rajinlah menghapus pesan-pesan masuk yang sekiranya kagak lagi diperlukan.


5. Dipaksa kerja melebihi batas kemampuan
Pengoperasian suatu program secara berlebih yang melewati batas spesifikasi smartphone kamu bakal membuat smartphone menjadi lemot alias lelet. Sebagai contoh smartphone dengan RAM-nya 1GB digunakan untuk menjalankan game yang memiliki spesifikasi minimal RAM 1GB. Otomatis bakal lemot karena semua memori digunakan untuk menjalankan satu program, padahal masih banyak program lain yang butuh memori lega.

6. Penumpukan Cache
Cache pada smartphone memang berguna untuk mempercepat proses jalannya aplikasi di kemudian hari. Tapi jika dibiarkan menumpuk selama berhari-hari tanpa dibersihkan, jelas akan membebani memori smartphone kamu sehingga menjadi penyebab smartphone lemot. Salah satu dampak penumpukan cache yakni memori internal jadi penuh. Saat memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kesulitan untuk menyimpan data baru. Solusinya, hapus cache yang kagak diperlukan. (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.