Header Ads

5 Tips Mujarab Mengatasi Stres Saat Macet

Kemacetan di Bekasi, Jawa Barat (KalderaNews/JS de Britto)
JAKARTA, KalderaNews.com - Bagi pengendara mobil, macet merupakan hal yang tidak mungkin terhindarkan, apalagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Tentu hal ini akan menimbulkan kelelahan fisik maupun mental bagi pengendara maupun penumpangnya. Stres pun menjadi dampak yang tidak dapat terhindarkan. Bahayanya, jika stres tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan emosi yang negatif. Kecelakaan pun akan dengan mudah terjadi apabila emosi seseorang memuncak. Berikut ini 4 tips yang dapat membantu pengendara mengatasi stres saat macet.

1. Berfikir positif
Tidak ada masalah yang tidak punya jalan keluar. Demikian pula dengan kemacetan, pasti akan berujung dan terurai. Berfikir positif tentu akan membantu seseorang memiliki mindset bahwa kemacetan akan segera berakhir.

2. Menarik Nafas Panjang
Mengambil nafas panjang dapat membantu seseorang menenangkan diri dan lebih sabar untuk sampai ke tujuan. Tindakan ini juga dapat membantu seseorang agar tidak panik dalam kondisi jalanan yang padat.

3. Self Talk
Berbicara pada diri sendiri mungkin tidak akan mengurai kemacetan, namun dapat cukup menghibur diri. Meski demikian self talk bukan berarti memaki dan mencaci kemacetan itu lho. Tapi ungkapan yang menenangkan diri agar lebih tenang dan sabar.

4. Stretching
Meregangkan otot sejenak di tengah kemacetan tentu sangat membantu agar pikiran lebih santai. Stretching juga membantu pergerakan aliran darah di seluruh tubuh. Lakukan ini agar tubuh tetap bugar meskipun dalam kondisi macet.

5. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik akan sangat membantu dalam menenangkan pikiran. Pastikan liriknya juga bernuansa optimis, bukan pesimis. Dan iramanya tidak terlalu kencang ataupun lambat. Musik jazz dan blues dapat menjadi pilihan yang tepat. (AC)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.