Header Ads

6 Skill Keuangan yang Wajib Diketahui Anak Muda Jaman Now



JAKARTA, KalderaNews.com - Biar kagak dicap sebagai generasi yang boros dan suka foya-foya serta konsumeris, tak ada salahnya anak muda jaman now tahu betul skill-skill keuangan yang bakal mengamankan keuangan. Berikut ini 6 skill keuangan yang perlu dimiliki anak muda"

1. Rumus 50:30:20
Rumus keuangan yang kudu dimengerti anak muda yakni: 50:30:20 dari gaji atau penghasilan tetap setiap bulannya. 50% untuk kebutuhan tetap bulanan, 30% untuk membeli hal-hal yang diinginkan dan 20% untuk tabungan atau investasi. Disiplin dengan rumus ini menjadi kunci keuangan pribadi akan aman. Rumus ini pun gampang diingat dan dilakukan.

2. Rajin mencatat setiap pengeluaran
Malas mencatat setiap pengeluaran adalah penyakit kebanyakan anak muda. Makanya, lupa dengan alokasi uang yang telah dikeluarkan bukan hal yang aneh. Alhasil, keuangan pun menjadi tak terkontrol. Padahal, yang namanya catatan itu sangat berguna untuk mengevaluasi keuangan secara keseluruhan apakah sudah "di jalan" yang benar atau terjadi banyak penyelewengan atau terlalu banyak menghambur-hamburkan uang.

3. Cerdas memilih bank
Kehidupan anak muda tak bisa lepas dari bank mulai dari sekedar menyimpan duit, bayar tagihan hingga pinjam duit. Tapi satu hal yang perlu dicatat bagi anak muda yaitu bahwa bank itu sebuah perusahaan komersil yang memiliki tujuan mengumpulkan profit sebanyak-banyaknya. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkannya tidak gratis. Oleh sebab itu, memilih bank yang menawarkan suku bunga relatif tinggi dan dengan potongan biaya administrasi yang rendah sangat dianjurkan. Pilihkan bank yang menguntungkan bagi kita, tapi juga kredibel.

4. Belanja barang berkualitas
Belanja sesuatu itu bukan karena harganya, melainkan kualitas. Anak muda tak jarang gampang membeli sesuatu karena harga.

5. Pendapatan akan Meningkat Seiring dengan Peningkatan Kemampuan
Berusahalah hemat dalam hal gaya hidup, namun jangan pernah pelit untuk berinvestasi dalam peningkatan kemampuan. So, ambillah kelas bahasa asing atau kursus tambahan selepas kantor yang mampu mengasah kemampuan atau skill kamu menjadi lebih meningkat.

6. Jangan menunda investasi

Ngaku muda tapi belum punya investasi? Kasihan deh Loe. Ingat ya, semakin tua usia kamu maka semakin banyak pula kebutuhan yang harus dikeluarkan. So, investasi sedini mungkin tidak bisa ditawar-tawar lagi. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.