Header Ads

Untuk Jadi Pengusaha Tidak Butuh Pabrik-pabrik Besar, Jokowi: Tetapi Ide

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
JAKARTA, KalderaNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di acara tahunan Young On Top National Conference mengaku senang dan bangga pada perkembangan startup (perusahaan rintisan) di Indonesia. Ia kagum pada CEO para startup tersebut yang usianya masih relatif muda.

"Kita sekarang sudah memiliki Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya, umur berapa? 36 tahun. Masih muda sekali. Bukalapak, mas Ahmad Zaky, umur baru 32. Go-Jek. Nadiem umur baru 34, muda sekali," ucap Presiden Jokowi di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (25/8).

"Tidak bisa bayangin saya. Muda-muda seperti ini sudah memiliki aset dan kekayaan. Tapi yang dijual itu ide," lanjut Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi percaya, pada dewasa ini untuk menjadi pengusaha tidak butuh lagi pabrik-pabrik besar, melainkan ide. Ia pun mengajak anak-anak muda untuk berani menentukan, berani mengambil risiko tapi dengan kalkulasi.

"Yang baru mulai sebaiknya memang fokus saja. Jangan ganti-ganti. Saya lihat teman-teman saya itu, pertama bisnis kayu, bangkrut terus bisnis bambu. Semakin kita tidak fokus semakin kita bingung," katanya.

"Fokus di situ saja. Pasti ada masalah problem pasti ada. Yang masih mahasiswa, pelajar, mulai saja. Kayak anak saya yang kecil (Kaesang). Jual pisang goreng. Tidak apa-apa, sambil sekolah jual pisang. Yang penting selesai sekolahnya," pungkasnya. (NS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.