Header Ads

Beasiswa Penuh S1, S2 dan S3 AMEXCID ke Meksiko Tutup 28 September 2018

Study in Mexico
JAKARTA, KalderaNews.com - Pemerintah Meksiko kembali menawarkan beasiswa internasional 2019 bagi mahasiswa asing yang ingin mendalami ilmu di Meksiko yang dikelola oleh Kementerian Luar Negeri Meksiko melalui Mexican Agency for International Development Cooperation (AMEXCID).

2019 Mexican Government Scholarship Program for International Students ini diikuti sekitar 70 lebih perguruan tinggi Meksiko.

Setidaknya ada beberapa jenis beasiswa yang telah disediakan, seperti mobility program untuk mahasiswa sarjana (S1) dan pascasarjana dengan durasi 3 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan serta beasiswa postdoktoral dan riset pascasarjana selama 12 bulan (minimum 1 bulan), program spesialisasi (1 tahun), gelar master (2 tahun), program doktor (3 tahun), dan spelisialisasi dan subspesialisasi kedokteran (3 tahun).

Beasiswa ini tidak berlaku untuk beberapa jurusan yakni administrasi bisnis, operasi plastik, akuntansi, marketing, periklanan, kedokteran gigi dan odontologi serta bidang yang berhubungan.

Beasiswa AMEXCID ini mencakup tunjangan bulanan sebesar 4 kali gaji minimum di Mexico City untuk beasiswa mobilitas sarjana, spesialisasi, gelar master atau riset tingkat master setara $9,800 peso (sekitar US $478), tunjangan bulanan sebesar 5 kali gaji minimum di Mexico City untuk studi dan riset doktoral, postdoktoral, spesialisasi dan subspesialisasi kedokteran setara $12,251 peso (sekitar US $597), biaya kuliah dan pendaftaran.

Tak hanya itu saja, beasiswa ini juga mencakup asuransi kesehatan dari Lembaga Keamanan Sosial Meksiko (IMSS), dimulai bulan ketiga saat beasiswa berjalan, biaya visa mahasiswa untuk masa tinggal yang lebih dari 180 hari, tiket pesawat PP di awal dan akhir beasiswa dan tunjangan transportasi umum dari Mexico City ke perguruan tinggi tujuan pada awal dan akhir beasiswa, jika belajar di luar Mexico City.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi yakni bergelar sarjana, master, atau doktor, sesuai yang dipersyaratkan program, minimum nilai rata-rata 8.0 untuk skala 0 – 10 (setara IPK minimum 3.2 untuk skala 4) dan diterima atau saat ini sedang menjalani program di salah satu perguruan tinggi Meksiko yang berpartisipasi.

Persyaratan khusus yang harus dipenuhi yaitu:
1. Formulir aplikasi yang diisi lengkap dan dipasang pasfoto digital (KLIK: Formulir)
2. Statement of Purpose yang memperlihatkan alasan pelamar tertarik belajar atau melakukan penelitian di Meksiko (maksimum 2 halaman, ditulis dengan font Arial ukuran 12, dengan spasi tunggal)
3. Curriculum vitae (maksimum 3 halaman, ditulis dengan font Arial ukuran 12, dengan spasi tunggal)
4. Surat pernyataan jaminan untuk kembali (Formatnya Unduh di Sini)
5. Acceptance letter dari perguruan tinggi tuan rumah Meksiko, ditandatangani oleh pihak yang bertanggung jawab ((Direktur Kantor Urusan Internasional, Direktur Pertukaran Akademik, Kepala Departemen Studi Pascasarjana, Koordinator Pascasarjana, dll), yang menyatakan lama studi dengan mencantumkan tanggal awal dan akhir serta jenis studi. Untuk penelitian, acceptance letter juga harus menyatakan bahwa kandidat akan menerima pendampingan yang dibutuhkan untuk proyek penelitian, jika memungkinkan nama pembimbing.
6. Copy ijazah gelar terakhir
7. Copy transkrip nilai terakhir yang memperlihatkan IPK- atau IPK rata-rata bagi pelamar program mobility sarjana
– Untuk beasiswa mobility, sertakan surat dari perguruan tinggi pelamar yang menyetujui pemberian kredit akademik untuk kelas kuliah yang diambil di Meksiko
– Untuk hibah penelitian, copy dokumen akadmik memperlihatkan pelamar telah tamat atau saat ini terdaftar di program master atau doktor
8. Copy akte kelahiran
9. Copy paspor atau KTP
10. Surat keterangan sehat dari lembaga pemerintah atau swasta yang menunjukkan pelamar dalam kondisi sehat dan bisa melakukan perjalanan ke luar negeri serta menjalankan studi mereka.
11. 4 (empat) pasfoto asli terbaru, dengan latarbelakang putih, ukuran 3cm x3cm, disertai nama dan kewarganegaraan di belakangnya
12. Letter of acceptance untuk syarat dan ketentuan program, disertai tandatangan kandidat (Unduh)
13. Bagi pelamar yang telah berada di Meksiko harus memiliki dokumen imigrasi terbaru, dibuktikan dengan kartu visa mahasiswa menetap sementara
14. Bagi pelamar yang telah sedang studi di Meksiko, wajib menyampaikan dokumen resmi dilegalisir dari IPK rata-rata 85, atau skala 80/100, yang dikeluarkan oleh institusi di mana mahasiswa bersangkutan terdaftar saat ini (ditandatangani serta dicap oleh otoritas berwenang)
15. Jika Bahasa Spanyol bukan bahasa asli dari pelamar, sertakan sertifikat mahir berbahasa Spanyol dari universitas atau pusat bahasa. Minimum adalah level B2.
16. Untuk beasiswa penelitian di dalam bahasa yang berbeda dari bahasa Spanyol, wajib mengirimkan komunikasi resmi dari institusi tuan rumah, yang menyatakan komitmen untuk menyediakan bimbingan dalam bahasa berbeda, menentukan nama bahasa dan pengajar

Batas akhir pendaftaran online beasiswa ini adalah 28 September 2018 pukul 15.00 waktu Meksiko. Hasil seleksi akan diumumkan pada 5 Desember 2018 melalui kantor diplomatik Meksiko, seperti Kedubes Meksiko di Jakarta.

Mumpung masih ada waktu, jika tertarik mengapply beasiswa ini, pelamar harus membuat akun terlebih dahulu dan melakukan pendaftaran secara online dengan KLIK: Pendaftaran Beasiswa Meksiko 2019. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.