Header Ads

Berikut Ini Cara Mencuci Mobil Kotor yang Benar

Mencuci mobil bersama anggota keluarga (KalderaNews/Ist)
JAKARTA, KalderaNews.com - Kondisi mobil yang kotor dan berdebu bisa membuat seseorang tidak pede. Sayangnya, selama ini ada kesalahan umum yang biasa dijumpai yakni mencuci mesin mobil dengan cara disemprot atau di steam. Ini sangat berbahaya bagi mobil. Jika cara mencucinya seperti itu maka mesin mobil bisa konslet atau meledak.

Kesalahan dalam membersihkan mobil sedikit saja dapat merusak mobil atau pencucian menjadi tidak seperti yang kita harapkan. Selain pergi ke tempat-tempat cuci mobil, berikut ini cara mencuci mobil kotor yang benar jika ingin dilakukan sendirian atau ingin mengecek saat dicuci di tempat cuci mobil umum:

A. Cara Mencuci Mobil Bagian Luar
1. Pastikan kamu menyemprotkan air terlebih dahulu dari selang selama 15 detik, untuk membersihkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia yang berpotensi untuk merusak cat
2. Tutup terlebih dahulu jendela dan pintu mobil dengan rapat
3. Lalu kita mulai step cara mencuci mobil dengan benar yaitu dengan menyemprotkan air dari selang ke badan mobil untuk membersihkan debu dan pasir yang melekat pada body mobil. Menyemprotkan itu penting, karena jika kita langsung menggosok body mobil maka debu dan pasir tersebut dapat menggores cat.
4. Beli pembersih khusus untuk mobil, jangan gunakan deterjen asal-asalan karena dapat merusak cat mobil anda. Deterjen dan wax dapat juga digunakan untuk mencuci mobil. Wax akan membuat cat mobil lebih bersinar.
5. Lalu gunakanlah spon yang bersih untuk mencuci mobil. Mencuci mobil dengan spon diawali dengan bagian atapnya.
6. Kamu harus menghindari mencuci mobil saat matahari langsung menyinari mobil. Karena tetesan air akan menjadi lensa bagi matahari untuk memfokuskan cahaya pada cat.
7. Cuci sampai bersih, jangan biarkan sabun tertinggal pada cat sampai kering. Karena bahan kimia yang terkandung dalam sabun dapat merusak cat mobil.
8. Kemudian lap mobil menggunakan lap khusus yang bersih dan tidak berbulu. Pastikan tidak ada minyak atau pasir yang melekat pada lap karena akan berpotensi untuk merusak cat.

B. Cara Mencuci Mobil Bagian Dalam
1. Untuk cara mencuci mobil yang benar bagian interior, kamu tidak membutuhkan air yang cukup banyak, sedikit saja air sabun untuk membilas interior mobil menggunakan spon/lap. Interior mobil kotor itu kotor biasanya disebabkan oleh noda yang tertinggal oleh telapak tangan, sepatu, makanan, dan minuman.
2. Jangan menggunakan deterjen pemutih untuk membersihkan mobil bagian dalam.
3. Biarkan pintu mobil terbuka untuk memperlancar proses penguapan yang terjadi.

C. Cara Mencuci Mobil Bagian Mesin
1. Kita memasuki bagian paling sensitif dari mobil yaitu mesin. Cara mencuci mobil dengan benar untuk bagian mesin ini diperlukan cara yang tepat dan hati-hati. Di dalamnya ada bagian mesin yang mesin yang tidak boleh terkena air seperti bagian acu, kabel, dan sensor.
2. Pastikan kamu membersihkan bagian mesin dengan aliran air yang tidak terlalu keras karena bagian busi jika terkena air akan menyebabkan mesin tidak bisa dihidupkan atau macet.
3. Untuk menghilangkan lemak atau minyak yang melekat pada mesin, kamu bisa menggunakan sabun pencuci atau minyak tanah.

D. Cara Mencuci Ban Mobil

1. Ban sangat mudah sekali terkena kotoran, karena ban adalah komponen mobil yang langsung menyentuh permukaan tanah. Kotoran mudah sekali melekat pada ban.
2. Untuk membersihkan rim ban gunakanlah sabun yang sesuai. Rim yang mempunyai warna perlu dicuci dengan sabun yang sesuai, sedangkan untuk rim berlogam gunakanlah sabun biasa.Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat yang bersabut.
3. Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat sabut. (FA)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.