Header Ads

Efisiensi Anggaran Negara, KJRI Chicago Kini Miliki Gedung Sendiri


Sekjen Kemlu Mayerfas menjelaskan denah renovasi gedung baru KJRI Chicago (KalderaNews/KJRI Chicago)
CHICAGO, KalderaNews.com - Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P Marsudi meresmikan Gedung Kantor KJRI Chicago pada Rabu, 19 September 2019 pekan ini. "Gedung ini selayaknya dapat menjadi Rumah Indonesia, khususnya bagi masyarakat Indonesia di AS," tegasnya dalam keterangan pers  KJRI Chicago pada KalderaNews.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan RI di AS, pimpinan Bank Mandiri, perwakilan lembaga keuangan Indonesia di AS dan perwakilan masyarakat Indonesia di Chicago dan sekitarnya.

Gedung Kantor KJRI Chicago yang diresmikan tersebut dibeli pada awal Januari 2018 lalu. Gedung ini merupakan bangunan 4 lantai seluas 1883m2, yang terletak di jalan 211 N Carpenter St, Chicago, di sebuah kawasan berkembang bernama Fulton Market.

Nantinya, gedung akan dilengkapi dengan Pusat Kebudayaan Indonesia dan berbagai fasilitas pelayanan kekonsuleran dan kependudukan, serta perlindungan WNI.

Seluruh fasilitas ini diperuntukkan untuk menunjang pelayanan bagi 12.100 WNI yang tinggal di 13 negara bagian di wilayah akreditasi KJRI Chicago. Gedung ini juga akan menjadi pusat promosi Indonesia di wilayah Midwest Amerika Serikat. Diperkirakan, gedung kantor KJRI Chicago siap beroperasi pada awal 2019.

Diketahui, sejak berdiri pada 1983 silam, KJRI Chicago telah berpindah gedung sebanyak 5 kali. Semuanya adalah perkantoran sewa. "Dengan pembelian gedung sebagai aset milik negara, Pemerintah RI berusaha melakukan efisiensi anggaran. Tentunya pembelian ini dilakukan dengan mekanisme yang transparan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," pungkasnya. (JS)



* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.