Header Ads

KLHK-LPBI NU Kolaborasi Edukasi Bank Sampah Berbasis Lingkungan

Ketua LPBI NU M Ali Yusuf (KalderaNews/LPBI NU)
JAKARTA, KalderaNews.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) melalui Bank Sampah Nusantara menggelar Pelatihan Training Of Trainer bertema Manajemen Bank Sampah Berbasis Lingkungan yang diselenggarakan selama dua hari di Hotel Park Cawang Jakarta Timur, Rabu-Kamis, 29-30 Agustus 2018.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk beberapa poin, pertama mensosialisasikan kebijakan pemerintah tentang pengelolaan sampah dan bank sampah, kedua, sosialisasi kondisi lingkungan, dampak sampah pada perubahan iklim dan bencana, ketiga memperkenalkan konsep manajemen bank sampah berbasis lingkungan kepada pengelola bank sampah dan keempat, sosialisasi peluang bisnis pengelolaan sampah.

Selanjutnya tujuan yang kelima memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pengelola sampah tentang Return on Investment (RoI) dan Social Return on Investment (SRoI) pada Bank Sampah sebagai Social Enterpreneurship, keenam memberikan keterampilan sederhana tentang cara menghitung CO2 yang diikat dalam pengelolaan sampah di Bank Sampah, ketujuh memberikan keterampilan daur ulang sampah dan kedelapan tentang pengelolaan Bank Sampah tidak hanya menjadi Pelaksana, tetapi juga memiliki kemampuan menjadi trainer lingkungan untuk masyarakat di sekitarnya.

Ketua LPBI NU M Ali Yusuf menghimbau agar seluruh peserta yang hadir dapat memanfaatkan proses pembelajaran pelatihan ini dengan baik.

“Alangkah ruginya jauh-jauh datang kesini jika tidak belajar dengan baik, karena ini sangat bermanfaat, untuk pengelolaan sampah di komunitas masing-masing,” tuturnya pada KalderaNews.

Acara yang digelar selama dua hari ini, dihadiri oleh perwakilan BSN LPBI NU dari berbagai daerah, diantaranya, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Lampung, dan Kalimantan. (FA)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.