Header Ads

Masafumi Ishii: Mahasiswa Indonesia di Jepang Masih Sangat Sedikit


Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii (KalderaNews/Fajar H)
JAKARTA, KalderaNews.com - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii mengakui Indonesia adalah negara yang sangat penting untuk Jepang. Ia berharap hubungan kedua negara makin erat dan meningkat, tak terkecuali dalam hubungan kerjasama di sektor pendidikan.

Berbicara pada KalderaNews di sela-sela acara resepsi pendirian JETAA Indonesia di Kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia di Senopati, Jakarta Selatan pada Selasa malam, 18 September 2018 lalu, Masafumi Ishii menegaskan bahwa meski jumlah pelajar Indonesia dalam 5 tahun terakhir meningkat, tetapi masih tergolong sangat sedikit.



BACA JUGA:
Perkuat Hubungan Indonesia-Jepang, Alumni JET Indonesia Dirikan JETAA

"Sebenarnya dalam 5 tahun terakhir jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia yang pergi ke Jepang meningkat dua kali lipat. Saat ini ada sekitar 5.000 student," tandasnya.

Meski jumlah ini tergolong banyak, tapi menurutnya, masih terlalu sedikit dibandingkan negara-negara lain seperti mahasiswa dari Vietnam yang mencapai 50 ribu mahasiswa.

"Kita harus melakukan banyak hal untuk meningkatkannya," tandasnya.

Bisa jadi, salah satunya yakni alokasi beasiswa pemerintah Jepang ke Indonesia ditingkatkan. Diketahui, anggaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu pengetahuan dan Teknologi Jepang (2018) untuk beasiswa pelajar asing sebesar 23,1 milyar yen. Sayangnya, anggaran untuk pelajar dan mahasiswa Indonesia tidak diungkapkannya. (JS)

SIMAK VIDEO
Rasa Kagum dan Harapan untuk Pelajar Indonesia
Oleh
Duta Besar Jepang untuk Indonesia
Masafumi Ishii

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.