Header Ads

Pasar Online Indonesia Tumbuh Pesat


YOGYAKARTA, KalderaNews.com - Prof. Didi Achjari baru-baru ini menegaskan Indonesia adalah pasar transaksi online terbesar di Asia Tenggara. Tercatat 5 miliar dolar AS transaksi praktik jual barang ritel melalui internet. Sedangkan 3 miliar dolar AS transaksi dilakukan melalui informal e-commerce dan diperkirakan 30 juta penduduk telah melakukan transaksi belanja secara online.

Ia pun memprediksi pasar perdagangan online akan tumbuh hingga delapan kali lipat dari 2017 hingga 2022, dari 8 miliar dolar AS pembelanjaan pada 2017 menjadi 55 miliar hingga 65 miliar dolar AS pada 2022.

Penyebab e-commerce tumbuh pesat di Indonesia yakni teknologi seluler, seperti penggunaan telepon seluler yang tinggi dengan teknologi android diiringi generasi milenial yang cerdas dan akrab di dunia digital. 

Selain itu, alasan lainnya yakni banyaknya keterlibatan pengusaha atau UKM dalam perdagangan online, investasi dalam perdagangan online serta dukungan kebijakan pemerintah.

Di sisi lain, meski masih ada gap antara perdagangan online Jawa dan luar Jawa, dengan dukungan infrastruktur yang semakin pesat maka tentunya pertumbuhan ekonomi digital di luar Jawa akan semakin meningkat pesat. (JS)


* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.