Header Ads

Daya Pikat Kuliah Science di "Dapur" Peraih Nobel Fisika 2010

Solid State Chemestry (KalderaNews/Radboud University)
JAKARTA, KalderaNews.com - Apakah pernah terlintas di benak pikiran kamu untuk kuliah dan mendalami science di "dapur" para peraih Nobel Fisika 2010? Dijamin, jika kuliah di universitas yang satu ini, kamu bakal tidak hanya sekadar mendapatkan ijazah yang bergengsi, tetapi di balik semuanya itu adalah skill riset yang mumpuni sesuai bidang studi science yang kamu pilih.

Radboud University Nijmegen di Belanda memiliki kekhasan riset dan penelitian yang sangat kuat. Salah satu kekuatan universitas ini adalah korelasi riset antar disiplin ilmu dan pengedepanan pertukaran ide yang berkelanjutan di antara para mahasiswa dengan tuntunan, bimbingan dan arahan para akademisi dan profesor yang cemerlang dan inovatif. Karena itulah universitas ini menjadi semacam "rumah sekaligus dapur" science bagi banyak institut atau lembaga penelitian di dunia. (Yuk, Daftar Seminar Online Radboud University)

Tak mengherankan, begitu kamu memutuskan kuliah dan akhirnya lulus dari universitas ini, kamu bakal memperoleh ijazah berkualitas tinggi dan diakui di kancah dunia karena di baliknya ada kualitas. So, ijazah yang diterima tentu saja buka sekadar ijazah asal lulus tanpa skill apapun.

Hadiah Nobel Fisika 2010

Karena kedisiplinan dan kejelian dalam riset science, Komite Hadiah Nobel pada 2010 lalu memberikan penghargaan bergengsi bidang fisika pada dua sosok yang terhubung dengan Radboud University, yakni Profesor Andre Geim dan Profesor Konstantin Novoselov.

Keduanya dianugerahi Hadiah Nobel untuk Fisika 2010 karena berhasil mengungkap perilaku material atom karbon yang telah memberikan implikasi terhadap berbagai bidang kehidupan, mulai dari fisika kuantum hingga produk elektronik.

Mereka menjelajahi materi di Laboratorium Magnet Medan Tinggi di Nijmegen yang merupakan salah satu "dapur" penelitian termasyur, dengan mendapat bantuan penting dari Profesor Mikhail Katsnelson, fisikawan teoritis di Radboud University.

Profesor Andre Geim dan Profesor Konstantin Novoselov (Foto:Aerogelgraphene)
Penemuan tersebut memungkinkan produksi graphene (grafin) dengan murah untuk berbagai industri teknologi. Diketahui, graphene merupakan sejenis serat karbon yang hanya disusun dari satu lapis atom karbon. Materi ini sangat tipis, setipis satu atom, namun sangat kuat. Grafin ini terdiri dari ikatan karbon. Grafin inilah yang banyak digunakan dalam teknologi kekinian seperti pada layar smartphone atau TV yang bisa melengkung atau bahkan bisa menjadi sangat fleksibel. Meski sangat kecil, kekuatannya 100 kali lipat daripada baja.

Grafin biasanya diisolasi dari grafit, yang digunakan dalam batang pensil. Selama ini untuk melakukannya membutuhkan teknik yang rumit dan kompleks, namun di tangan kedua ilmuwan tersebut semuanya dapat dilakukan dengan gampang. Mereka dapat mengisolasi graphene menggunakan selotip (scotch tape). (Yuk, Daftar Seminar Online Radboud University)

Komite Nobel Fisika dari Royal Swedish Academy of Science mengakui penelitian graphene tersebut membuka potensi pengembangan satelit, pesawat, dan mobil masa depan dengan material yang sangat kuat tetapi ringan. Selain itu, wujud material yang transparan juga berpotensi untuk digunakan sebagai layar sentuh, sel surya, dan komponen komputer yang lebih efisien. Fungsi lain dari grafin ini adalah untuk membuat layar touchscreen transparan dan sell surya yang dapat menyerap lebih banyak energi matahari.

Memilih untuk kuliah di kampus ini sama artinya mewarisi tradisi penelitian yang ketat dan bakal bermanfaat bagi kemajuan peradapan keilmuan seperti halnya telah dilakukan dua peraih Hadiah Nobel Fisika 2010 dan para ilmuwan lainnya di kampus ini.

Ramah dan Aman untuk Mahasiswa

Termasyur sebagai kampus hijau di kota tertua di Belanda bernama Nijmegen, Radboud University yang berdiri sejak 1923 silam ini memiliki lebih dari 19.000 mahasiswa di lebih dari 100 program studi pada 8 jenjang Bachelor, 37 jenjang Master dan penelitian jenjang PhD yang sepenuhnya diajarkan dalam bahasa Inggris. Menariknya, semua program master di universitas ini telah menyandang akreditasi secara internasional dari Accreditation Organization of the Netherlands and Flander (NVAO).

Kampus ini mengadopsi gaya mengajar yang berorientasi pada para mahasiswa. Karakteristik pendekatan ini diimplementasikan dalam tugas-tugas penelitian yang sifatnya kelompok maupun mandiri. Apalagi, Radboud University pada dasarnya memang mendorong para mahasiswanya untuk melakukan penelitian sendiri, tetapi tetap di bawah pengawasan para profesor yang ahli di bidangnya.

Radboud University adalah kampus hijau di kota tertua di Belanda bernama Nijmegen (KalderaNews/Radboud University)
Nijmegen terletak di jantung Eropa Barat, 1,5 jam dari ibukota Amsterdam dan hanya beberapa jam dari kota Paris, London dan Berlin. Nijmegen termasuk salah kota tertua di Belanda dengan bangunan dari sisa-sisa zaman Romawi. Berpenghuni sekitar 170.000 penduduk, dimana 30.000 diantaranya adalah mahasiswa. Meski identik dengan kota tua, lingkungan universitas ini dilengkapi dengan restoran dan kafe modern serta saran kegiatan olahraga dan budaya. Pusat Kebudayaan LUX, rumah seni terbesar di Belanda, juga terdapat di kota ini dengan sajian teater, musik dan pertunjukan berbasis multimedia modern. Dikelilingi oleh pedesaan yang indah, hutan kecil, pantai dan sungai, Nijmegen adalah tempat yang ramah dan aman untuk tinggal dan belajar mendalami science.

Nah, penasaran seperti apa sih suasana dan gambaran studi science di Radboud University? Ikutilah kesempatan langka Seminar Online Radboud University gratis yang akan dilangsungkan pada Rabu, 26 September 2018 Waktu: 19:30-21:00 WIB mendatang. 

Pada Webinar kali ini, akan dibahas program studi yang ditawarkan oleh Faculty of Science mulai (Medical) Biology, Chemistry, Physics & Astronomy, Mathematics, Computing Science, Molecular Life Sciences dan Science. 

Untuk mengikuti Webinar ini kamu cukup melakukan daftar online gratis dengan mengisi formulir yang telah tersedia dengan KLIK: Seminar Online Radboud UniversitySimpan email konfirmasi setelah kamu melakukan pendaftaran dan pada saat jadwal Webinar yang telah ditentukan, gunakan lah akses URL yang tertera di email konfirmasi kamu tersebut. (JS)

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.